Utama, Panji Putra (2018) PENENTUAN STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN MENGGUNAKAN INTEGRASI METODE FUZZY SERVQUAL, KUADRAN IPA DAN INDEX PGCV (Studi Kasus di Pengelola The Lost World Castle). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
TA_Panji Putra Utama_Cover.pdf Download (262kB) | Preview |
Preview |
Text
TA_Panji Putra Utama_Lembar Pengesahan.pdf Download (389kB) | Preview |
Preview |
Text
TA_Panji Putra Utama_Abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
Preview |
Text
TA_Panji Putra Utama_Daftar Isi.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
The Lost World Castle (TLWC) adalah spot wisata baru di wilayah Sleman
bagian utara tepatnya di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman dan dikelola
langsung oleh Manajemen The Lost World. Berdasarkan survey pendahuluan
yang telah dilakukan, pengunjung mengeluhkan beberapa aspek pelayanan yang
kurang baik seperti, bangunan yang belum selesai, area parkir yang gersang,
dan sebagainya. Pengelola harus mengetahui strategi perbaikan dan
peningkatan layanan yang tepat untuk diterapkan sehingga sesuai dengan
keinginan pengunjung.
Metode yang akan dipakai adalah metode Fuzzy-Servqual (Service Quality)
untuk menentukan tingkat kepuasan pengunjung berdasarkan gap antara
performansi dan ekspektasi. Metode berikutnya yang akan digunakan adalah
Importance Performanced Analysis yang akan menentukan kriteria apa saja yang
harus diperbaiki. Kemudian Indeks PGCV (Potential Gain Customer Value) akan
menganalisis mengenai prioritas layanan yang diutamakan untuk perbaikan
berdasarkan pernyataan yang telah dibuat.
Hasil akhirnya adalah terdapat 5 aspek yang harus mendapatkan perbaikan,
yaitu harga tiket masuk, penampilan karyawan, kebersihan area TLWC, fasilitas
pelayanan seperti toilet, loket dan sebagainya, serta kondisi bangunan yang
kurang menarik. Selanjutnya penelitian ini akan menghasilkan strategi yang
dapat digunakan oleh pengelola TLWC untuk meningkatkan kualitas pelayanan.
Beberapa strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah melanjutkan
pembangunan, menambahkan dan memperbaiki fasilitas- fasilitas yang ada,
pembuatan seragam baru untuk karyawan, dan sebagainya.
Kata Kunci: Fuzzy-Servqual, IPA, Indeks PGCV, Kepuasan Pelanggan, Wisata
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 30 Jul 2018 08:21 |
Last Modified: | 30 Jul 2018 08:21 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15901 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |