MODEL PENENTUAN HARGA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN DISKON DALAM DUAL CHANNEL SUPPLY CHAIN (Studi Kasus di PT Mandiri Jogja Internasional, Yogyakarta)

Pratama, Muhamad Yoga (2018) MODEL PENENTUAN HARGA DENGAN MEMPERTIMBANGKAN DISKON DALAM DUAL CHANNEL SUPPLY CHAIN (Studi Kasus di PT Mandiri Jogja Internasional, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3.Cover.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Lembar Pengesahan.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.Daftar Isi.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kontribusi bisnis industri digital di Indonesia mengalami pertumbuhan dan masih menjanjikan untuk terus meningkat setiap tahunnya. PT Mandiri Jogja Internasional merupakan salah satu industri yang bergerak dibidang pembuatan kerajinan tangan berbahan dasar kulit sapi yang salah satu produknya berupa sepatu. Dalam penjualan produknya perusahaan memasarkan produknya melalui fasilitas online channel dan konvensional (offline channel), sistem penjualan seperti ini disebut dengan sistem Dual Channel Supply Chain (DCSC). Penambahan fasilitas online channel dalam memasarkan produknya memberikan kemudahan dalam memenuhi permintaan. Dalam penerapan sistem DCSC hal yang sering menjadi kendala yaitu strategi penetapan harga jual antar channel penjualan. Hal tersebut membuat salah satu channel mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya dan terjadi perbedaan permintaan. Oleh karna itu, diperlukan strategi pada penentuan harga jual antar channel agar dapat meningkatkan penjualan, salah satunya dengan mempertimbangkan diskon. Penelitian ini membahas tentang strategi penentuan harga jual antar channel dengan mempertimbangkan diskon. Tidak adanya kegiatan inspeksi dalam membeli produk melalui online channel menimbulkan niali penerimaan konsumen terhadap online channel. Permasalahan tersebut menyebabkan permintaan pada dua fasilitas penjualan belum dapat memaksimalkan profit. Maka dari itu, perlu dilakukan penentuan harga dengan memperhatikan faktor rasio penerimaan pelanggan terhadap online channel. Penyelesaian masalah dengan melakukan dua kali proses optimasi model matematis yang telah dikembangkan mengenai model permintaan pada kedua channel penjualan, dan model penentuan nilai diskon optimal online channel. Dalam proses optimasi diaplikasikan metode quadratic programming dan skema Bertrand dalam penetapan harganya. Dari hasil optimasi pertama diperoleh harga Ps dan Po yang optimal sebesar Rp 514.120 dan Rp 510.520. Dari penelitian didapat hasil bahwa proses optimasi mampu memberikan performansi profit serta jumlah permintaan yang optimal. Selain itu juga, diperoleh nilai diskon optimal harga Ps dan Po sebesar Rp 488.415 dan Rp 484.994. Nilai diskon optimal dapat memberikan profit maksimal pada online channel dan offline channel. Kemudian dilakukan percobaan numerik untuk memperoleh nilai diskon optimal pada kedua channel. Nilai diskon optimal sebesar 5% yang diperoleh dapat menjadi implikasi bagi perusahaan terkait orientasi yang ingin dicapai oleh perusahaan dan sudut pandang perusahaan tentang besaran profit yang akan dicapai. Kata Kunci: Dual Channel Supply Chain, Quadratic Programming, Bertrand, Diskon, Optimasi, Pricing, Inspeksi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:20
Last Modified: 26 Jul 2018 06:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15855

Actions (login required)

View Item View Item