Adiningsih, Mega Artami (2018) MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM DRAMA RADIO “KELUARGA PAK BESAR” DI JOGJA FAMILY 100,9 FM (Untuk Membranding sebagai Radio yang Peka terhadap Isu Terkini). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
cover pdf.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
LMBR PENGESAHAN.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak pdf.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi pdf.pdf Download (40kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Program drama radio Keluarga Pak Besar merupakan program drama keluarga modern yang mengangkat isu terkini dan dikemas seperti situasi komedi. Saat ini sangat sedikit drama radio yang aktif diputar di stasiun radio wilayah Yogyakarta, namun drama radio ini masih bertahan dan justru menjadi program unggulan di radio ini ditengah gempuran sinetron dan webseries. Drama ini dibuat untuk mendukung visi misi radio Jogja Family yaitu membranding radio ini sebagai radio keluarga modern yang cerdas dalam menanggapi informasi dan isu terkini. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen produksi yang dilakukan oleh program drama Keluarga Pak Besar. Karena dengan mengetahui manajemen produksi yang baik maka dapat diketahui pula bagaimana cara drama radio ini bertahan dan mencapai tujuan sesuai dengan visi misi radio tersebut. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif, dengan objek manajemen produksi program drama radio keluarga pak besar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perencanaan dan konsep manajemen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen produksi program tersebut sudah melaksanakan fungsi manajemen dengan baik dan sudah sesuai dengan teori perencanan dalam model penyusunan pesan, namun proses manajemen ini berlangsung dengan mengikuti pola yang sudah sering dilakukan sejak lama. Walaupun hanya mengikuti pola dan belum keluar dari zona nyaman namun program ini dapat dikatakan berhasil dalam mencapai tujuannya. Karena sesuai teori perencanaan, untuk mencapai tujuan utama yaitu mendukung visi-misi radio ini, maka diperlukan tujuan pendukung yaitu manajemen produksi yang baik didalamnya. Kata kunci : Manajemen, Radio, Drama
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 24 Jul 2018 02:19 |
Last Modified: | 24 Jul 2018 02:19 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15797 |
Actions (login required)
View Item |