POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU PENDAMPING DENGAN MURID DALAM LINGKUNGAN INKLUSIF DI TUMBUH HIGH SCHOOL

Pramudita, Maya Arina (2018) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU PENDAMPING DENGAN MURID DALAM LINGKUNGAN INKLUSIF DI TUMBUH HIGH SCHOOL. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Daftar Isi.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (277kB) | Preview

Abstract

Komunikasi interpersonal terjadi antara guru pendamping dengan murid saat kegiatan belajar mengajar secara formal maupun non formal. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab rumusan masalah “Bagaimana pola komunikasi interpersonal antara guru pendamping dan murid-murid di Tumbuh High School?” dan bertujuan untuk menggambarkan pola komunikasi interpersonal antara guru pendamping dengan murid dalam lingkungan inklusi di Tumbuh High School dengan menggunakan teori Interaksionisme Simbolik. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam kepada guru pendamping yang terdiri dari guru Bimbingan Konseling dan support teacher hingga murid Tumbuh High School. Hasil penelitian ini menunjukkan pola komunikasi yang terjadi pada guru pendamping dan murid dalam lingkungan inklusi merupakan komunikasi satu arah dan dua arah. Komunikasi satu arah terjadi saat guru pendamping memberikan materi dan nasihat didepan kelas dan komunikasi dua arah melalui percakapan dan tanggapan. Saat proses komunikasi interpersonal terjadi terdapat simbol verbal dan non verbal. Simbol komunikasi verbal meliputi Bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jawa dan bahasa isyarat (bahasa bibir). Simbol komunikasi non verbal yang terjadi meliputi sentuhan, tatapan mata, gestur, gerakan tangan dan ekspresi wajah. Seluruh proses tersebut dipengaruhi kemampuan komunikasi guru pendamping dan murid yang menjadi faktor pendukung komunikasi terjadi dan permasalahan konsep diri murid yang belum baik serta penolakan pada pendampingan guru menjadi penghambat komunikasi interpersonal. Kata kunci: Komunikasi interpersonal, Pola Komunikasi, Inklusi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Jul 2018 07:48
Last Modified: 17 Jul 2018 07:48
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15731

Actions (login required)

View Item View Item