STUDI KETERBACAAN NEWSLETTER HUMAS RSUP. DR. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Teks Majalah Hospitalia)

Rahayu, Elisabet Isyana (2018) STUDI KETERBACAAN NEWSLETTER HUMAS RSUP. DR. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN (Studi Deskriptif Kuantitatif pada Teks Majalah Hospitalia). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Newsletter sebagai media komunikasi dan informasi antara perusahaan dan publiknya penting untuk dikelola dengan baik karena menjadi salah satu penentuan citra perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterbacaan teks majalah milik RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten yaitu Majalah Hospitalia dan untuk melihat apakah teks pada Majalah Hospitalia mudah dipahami oleh seluruh publiknya. Penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan metode Procedure Cloze milik Taylor dengan accidental sampling untuk publik eksternal maupun internal. Majalah Hospitalia yang digunakan adalah edisi 25 tahun VII bulan Juli – Agustus 2017 pada rubrik Kegiatan dengan judul “RSST Mendukung WBK”. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Majalah Hospitalia “sangat mudah dipahami” oleh khalayak dan memperoleh keterbacaan rata-rata yang tinggi yaitu sebesar 89%. Keterbacaan tersebut dipengaruhi oleh tingkat pendidikan, jenis kelamin, kebiasaan membaca atau intensitas dalam membaca serta waktu yang diberikan untuk membaca. Rubrik “Surat Pembaca” perlu dibuat pada Majalah Hospitalia, sehingga mampu menjadi media komunikasi antara publik eksternal maupun internal dengan pihak RSST. Penataan layout, pemilihan ukuran font,dan pemilihan warna font untuk lebih dipertimbangkan sehingga Majalah Hospitalia dapat lebih menarik. Skripsi ini diharapkan mampu memberikan referensi bagi pembaca untuk melakukan penelitian serupa dengan menggunakan metode yang berbeda seperti Formula Flesch, Grafik Fry, dan SMOG. Kata Kunci : newsletter, studi keterbacaan, public relations

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Jul 2018 04:16
Last Modified: 12 Jul 2018 04:16
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15670

Actions (login required)

View Item View Item