PITPAGANDA SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF IKLAN LUAR RUANG DI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas Pitpaganda dalam Mengembangkan Media Alternatif Iklan Luar Ruang di Yogyakarta)

Hartadi, Noor Akhila Luckyta (2018) PITPAGANDA SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF IKLAN LUAR RUANG DI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Kualitatif Komunitas Pitpaganda dalam Mengembangkan Media Alternatif Iklan Luar Ruang di Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Media yang digunakan untuk beriklan dalam kategori luar ruang saat ini semakin bertambah jenisnya. Untuk Yogyakarta saat ini tidak hanya baliho, stiker atau poster, kini videotron mulai ada pada beberapa titik lokasi tertentu. Stiker pada angkutan umum dan baliho kecil yang ada pada bagian belakang motor juga menjadi perkembangan bentuk media iklan luar ruang di Yogyakarta. Pitpaganda merupakan sebuah komunitas yang menjadi biro iklan dimana media yang digunakan adalah sepeda. Keberadaan Pitpaganda saat ini masih merupakan hal baru dan termasuk kreatif untuk sebuah media periklanan, dengan latar belakang tersebut penulis meneliti tentang Pitpaganda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi kreatif komunitas Pitpaganda dalam mengembangkan media alternatif iklan luar ruang di Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kumpulan tindakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan untuk memperoleh data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah Pitpaganda merupakan komunitas yang termasuk pemerhati kondisi lingkungan sehingga membuat biro iklan dengan berdasarkan alasan tersebut. Pitpaganda berbeda dengan biro iklan lain karena hanya menyediakan medianya saja tidak dengan pembuatan klien yang menggunakan jasa dari Pitpaganda lebih banyak untuk mengiklankan sebuah event. Ada tiga perkecualian untuk klien yakni klien yang mengiklankan hotel, partai politik dan rokok. Pitpaganda beriklan dengan bersepeda melalui rute yang telah disetujui dan berhenti pada titik tertentu untuk berinteraksi dengan masyarakat sesuai dengan prinsip sejak awal. Pitpaganda merupakan media iklan pertama yang menggunakan sepeda, akan tetapi beberapa masyarakat menilai Pitpaganda masih kurang efektif dari segi keamanan ketika penayangan iklan. Kata kunci: Media iklan luar ruang, media iklan alternatif, Pitpaganda

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Jun 2018 02:09
Last Modified: 12 Jul 2018 06:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item