Marjen, Octafia Rotalia (2018) STRATEGI BISNIS COWMAD RESTORAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi pada Cowmad Restoran Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (97kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (450kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (161kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAKSI
Octafia Rotalia Marjen, Nomor Mahsiswa 152130019, Jurusan Ilmu Administrasi
Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Pembagunan Nasional “Veteran
“Yogyakarta. Judul Penelitian “Analisis Strategi Bisnis Restoran Cowmad Dengan
Menggunakan Pendekatan Analisis SWOT” (Studi Pada Restoran Cowmad
Yogyakarta).2018. Pembimbing Ibu Sauptika Kancana, SS, MSI dan Bapak Suratna, S.SOS,
M.AB
. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang dapat
dikembangkan pada Restoran Cowmad. Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Unit analisis
dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Restoran Cowmad. Sumber Data dalam
penelitian ini adalah data primer dan sekunder yang diperolah dari lapangan melalui
wawancara dan memberikan daftar pertanyaan atau koisioner simple, peroleh data dalam
penelitian ini ditekankan pada penggunaan kuisioner dari informan..
Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan yaitu bahwa semua informan
memberikan penilaian yang tinggi terhadap kekuatan dari Restoran seperti nama dan citra
restoran, kualitas terjamin, harga yang sesuai punya supplier daging tetap, dan memiliki
pelanggan tetap. Informan juga memberikan nilai yang tinggi terhadap kelemahan misalnya
seperti kurangnya promosi restoran yang baik, membutuhkan modal yang besar untuk
pengembangan usaha, pelanggan mengikuti pengunjung mall, harga backup supplier lebih
mahal, renspace tidak stabil. Posisi Restoran Cowmad pada Berdasarkan hasil skor (nilai
tertimbang) pada evaluasi faktor internal dan faktor eksternal, maka koordinat posisi
perusahaan restoran Cowmad adalah terletak pada titik 2,80 (faktor internal) dan pada titik
2,79 (faktor eksternal).Batasan-batasan dalam diagram SWOT sendiri adalah terdiri dari dua
sumbu yaitu horizontal (kekuatan-kelemahan) dan vertikal (peluang-ancaman). Sumbu
horizontal dari skala 1,0 sampai 2,5 merupakan kelemahan dan 2,5 sampai 4,0 merupakan
kekuatan. Begitu juga sumbu vertikal skala 1,0 sampai 2,5 merupakan ancaman dan 2,5
sampai 4,0 merupakan peluang. Dengan kata lain, skor skala ≥ 2,5 sampai 4,0 merupakan
kekuatan dan peluang, jika skor < 2,5 maka faktor tersebut merupakan kelemahan dan
ancaman. terlihat bahwa perusahaan berada pada sel 1 yang merupakan sel agresif, artinya
perusahaan restoran Cowmad memiliki kekuatan dari lingkungan internal dan terdapat
peluang dari lingkungan eksternalnya.
Dari hasil analisis dapat dirumuskan strategi pemasaran yang dapat dijalankan oleh
Resroran Cowmad adalah Formulasi strategi keunggulan bersaing yang tepat diterapkan pada
restoran Cowmad adalah kosentrasi melalui integritas vertical, mengingat pesaing-pesaing
baru yang masuk merupakan ancaman bagi restoran.Formulasi strategi pertumbuhan yaitu
dengan pengembangan pasar (market development) baik diterapkan, formulasi ini
menitikberatkan pada memperkenalkan produk yang sudah ada ke daerah pemasaran baru
(pangsa pasar tambahan), dan meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau
mengembangkan mutu yang sudah ada.
Saran yang dapat disampaikan kepada Restoran Cowmad adalah Restoran Cowmad
hendaknya menambah modal dengan menjajaki kemungkinan untuk mendapatkan fasilitas
kredit dari perbankan untuk mengembangkan usahanya. Restoran Cowmad hendaknya
mengganti sumber daya manusia yang lebih menguasai dalam bidang pembukuan guna
meningkatkan kualitas karyawan sesuai dengan keahlian yang dimilikinya dan
mengembangkan kemampuan kerja karyawan mealui pendidikan dan latihan sesuai dengan
bidangnya. Restoran Cowmad hendaknya memantau cadangan supplier, kualitas produk,
selera konsumen dengan restoran-restoran pesaing guna mengantisipasi segala kemungkinan
yang terjadi adanya ancaman dari perubahan sejenis. Restoran Cowmad hendaknya
melakukan efektifitas promosi baik melalui iklan maupun media sosial. Dengan demikian
maka konsumen akan lebih mengenal produk makanan restoran Cowmad Yogyakarta
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 22 Jun 2018 07:28 |
Last Modified: | 22 Jun 2018 07:28 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15406 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |