COOL JAPAN INITIATIVE SEBAGAI DIPLOMASI PUBLIK JEPANG KE SINGAPURA PADA TAHUN 2009-2018

ASSAGAF, ZAINNURRAHMAN (2018) COOL JAPAN INITIATIVE SEBAGAI DIPLOMASI PUBLIK JEPANG KE SINGAPURA PADA TAHUN 2009-2018. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Cool Japan Initiative adalah gerakan nasional yang mendorong rakyatnya untuk secara sukarela berbagi dan mengembangkan kreativitas kepada komunitas internasional sehingga dapat mensejahterakan dan mengembangkan perekonomian di negara masing-masing melalui diplomasi publik serta industri kreatif yang dimiliki. Bagi Jepang, Cool Japan dapat mensejahterakan dan dapat mengembangkan perekonomian Jepang terutama pasca bencana alam Tsunami dan gempa bumi yang melanda Jepang pada tahun 2011. Strategi yang dijalankan oleh pemerintah Jepang dianggap dapat memperoleh keuntungan kepada negara Jepang melalui berbagai macam rangkaian acara untuk mempromosikan budaya Jepang seperti Anime, Manga, Fashion, Musik, dan masih banyak lagi. Dengan adanya Cool Japan, pemerintah Jepang dapat mempercepat laju ekspansi industri kreatif Jepang ke luar negeri terutama di Singapura yang memiliki banyak peminat mengenai budaya-budaya yang dimiliki Jepang. Jepang melaksanakan strategi Cool Japan di Singapura sebagai batu loncatan untuk dapat memasuki pasar regional di kawasan Asia Tenggara karena budaya yang dimiliki oleh Jepang paling populer di kawasan Asia Tenggara. Tulisan ini akan menganalisis strategi Cool japan yang dilakukan oleh pemerintah Jepang dan bentuk-bentuk Cool Japan di Singapura. Berdasarkan konsep diplomasi publik oleh Edmund Gullion dan konsep industri kreatif oleh Raymond Williams, penulis menemukan bahwa terdapat strategi yang menjadi latar belakang Cool Japan serta budaya-budaya yang populer yang dimiliki oleh Jepang. Kata Kunci : Jepang, Singapura, Cool Japan, strategi Cool Japan, bentukbentuk Cool Japan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Jun 2018 03:28
Last Modified: 12 Jul 2018 06:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15397

Actions (login required)

View Item View Item