Analisis Implementasi Customer Relations Management Melalui Program Customer Engagement PT Grab Indonesia di Yogyakarta (Studi Deskriptif Pada Program Grab Temu Seru, AYOYOG, dan JOGJA ISTIMEWA Dalam Mencapai Loyalitas Konsumen Grab Indonesia di Yogyakarta )

Herdiana, Intan Haniyah and Wendijarti, Ida (2018) Analisis Implementasi Customer Relations Management Melalui Program Customer Engagement PT Grab Indonesia di Yogyakarta (Studi Deskriptif Pada Program Grab Temu Seru, AYOYOG, dan JOGJA ISTIMEWA Dalam Mencapai Loyalitas Konsumen Grab Indonesia di Yogyakarta ). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (844kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada PT Grab Indonesia yang berdampak langsung pada customer-nya, membuat perusahaan harus berupaya menjalin hubungan baik dengan pihak eksternal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi customer relationship management melalui program customer engagement PT Grab Indonesia di Yogyakarta dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan program. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa program yang ditujukan untuk customer PT Grab Indonesia Yogyakarta meliputi program Grab Temu Seru, program promosi “AYOYOG” Grab Car serta “JOGJAISTIMEWA” untuk Grab Bike adalah bagian dari implementasi customer relationship management. Implementasi tersebut dapat dilihat dari penggunaan teknologi dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh PT Grab Indonesia di Yogyakarta. Dalam menjalankan program, PT Grab Indonesia di Yogyakarta memiliki faktor pendukung yang dapat dilihat dari penggunaan teknologi berupa mobile application Grab dan sosial media yang dapat memudahkan perusahaan dalam berinteraksi dengan customer Grab. Sedangkan faktor penghambat dapat dilihat dari pendistribusian informasi tema program yang cukup mendadak dari kantor pusat PT Grab Indonesia di Jakarta yang berdampak pada publikasi yang kurang maksimal.. Kesimpulan dalam penelitian bahwa program-program yang dikembangkan oleh Grab Yogyakarta mulai dari Grab Temu Seru, AYOYOG dan JOGJAISTIMEWA merupakan bagian dari implementasi customer relationship management. Saran penulis perlunya strategi pengembangan program yang lebih inovatif dan inspiratif sehingga diharapkan dapat menjawab permasalahan bagi masyarakat Yogyakarta, khususnya di bidang pelayanan transportasi. Kata kunci : Implementasi, program, pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Jun 2018 03:09
Last Modified: 12 Jul 2018 06:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15393

Actions (login required)

View Item View Item