STRATEGI PROGRAMMING TRANS7 PADA PROGRAM KIDS EDUTAINMENT (Studi kasus: Program kids Edutainment “Si Bolang” Bocah Petualang)

Anggrayny, Risa (2018) STRATEGI PROGRAMMING TRANS7 PADA PROGRAM KIDS EDUTAINMENT (Studi kasus: Program kids Edutainment “Si Bolang” Bocah Petualang). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini membahas tentang bagaimana strategi programming trans7 dalam mempertahankan program kids edutainment “Si Bolang” Bocah Petualang. Penelitian ini dilakukan karena program Bolang di trans7 sudah bertahan hingga sebelas tahun di layar televisi trans7, hal ini menjadi menarik karena program Bolang mengangkat tema pendidikan dan hiburan sekaligus dengan waktu yang sudah cukup lama, dan trans7 konsisten dengan acara tersebut karena Bolang sudah menjadi icon di stasiun televisi trans7. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berusaha untuk mengembangkan konsep-konsep yang bertujuan mengetahui strategi programming trans7 pada program kids edutainment. Konsep yang digunakan yaitu konsep programming yang meliputi dayparting, theming, stripping, stacking, counterprogramming, bridging, tentpoling, hammocking, crossprogramming, hotswitching serta konsep manajemen produksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa trans7 menggunakan lima strategi programming pada program kids edutainment yaitu dayparting, Theming, Stacking, Stripping, dan Crossprogramming. Selain itu, program Bocah Petualang dapat bertahan hingga sebelas tahun karena potensi program tersebut masih tinggi. Saran dari peneliti yaitu trans7 sebagai satu-satunya televisi yang memiliki program kids edutainment terbanyak dari seluruh program televisi Indonesia diharapkan dapat terus menyuguhkan dan menambah tayangan-tayangan yang mendidik sekaligus menghibur untuk khalayak, khususnya anak-anak usia sekolah. Kata Kunci: Strategi, Programming, Trans7, Program Kids Edutainment, Bocah Petualang “Si Bolang”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 16 Apr 2018 01:54
Last Modified: 16 Apr 2018 01:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15012

Actions (login required)

View Item View Item