PENENTUAN PARAMETER PROSES YANG OPTIMAL PADA PEMBUATAN PRODUK TEMBOR UNTUK MEMINIMALKAN POROSITAS DAN MEMAKSIMALKAN KEKUATAN TARIK MENGGUNAKAN EKSPERIMEN TAGUCHI MULTIRESPON (Studi Kasus di Oke Aluminium, Bantul, Yogyakarta)

Artika, Niken Rega (2018) PENENTUAN PARAMETER PROSES YANG OPTIMAL PADA PEMBUATAN PRODUK TEMBOR UNTUK MEMINIMALKAN POROSITAS DAN MEMAKSIMALKAN KEKUATAN TARIK MENGGUNAKAN EKSPERIMEN TAGUCHI MULTIRESPON (Studi Kasus di Oke Aluminium, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Oke Aluminium adalah sebuah UMKM yang bergerak dibidang pengecoran logam. Bahan baku utama yang digunakan adalah Aluminium ingot. Produk yang produksi berbagai macam, dan system produksi bersifat Make to Stock (MTS). Bahan baku yang digunakan Aluminium ingot, sehingga menurunkan kualitas. Kualitas suatu produk dapat mempengaruhi biaya proses produksi, semakin banyak produk cacat akan menambah biaya produksi. Kecacatan yang sering terjadi seperti porositas yang besar dan kekuatan tarik produk yang rendah. Hal ini menyebabkan UMKM masih belum menemukan solusi yang tepat untuk menangani penyebab kecacatan yaitu memperoleh parameter proses yang optimal pembuatan produk tembor untuk meminimalkan porositas dan memaksimalkan kekuatan tarik dengan Metode Taguchi Multirespon. Metode Taguchi Multirespon PCR TOPSIS digunakan dalam menentukan kombinasi optimal faktor dan level dan menghitung nilai optimum setiap respon. PCR untuk melihat apakah proses masih dalam batas ditentukan. TOPSIS untuk menentukan kombinasi optimal kasus multirespon. Perlu adanya pengendalian kualitas untuk menghasilkan produk yang optimal dengan dua respon dan dua karakter, yaitu small-the-better untuk porositas dan large-th-better untuk kuat tarik, sehingga pengendalian kualitas menggunakan Metode Taguchi Multirepon PCR-TOPSIS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh secara signifikan untuk meminimalkan nilai porositas dan memaksimalkan nilai kuat tarik berdasarkan analisis persen kontribusi yaitu temperature cairan sebesar 510 ͦ C dengan persen kontribusi sebesar 32,516%, waktu penuangan selama 15 detik dengan persen kontribusi sebesar 19,764 % dan proporsi air cetakan 2 liter dengan persen kontribusi sebesar 9,386%. Kata kunci: Kualitas, Metode Taguchi, PCR-TOPSIS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Apr 2018 07:54
Last Modified: 09 Apr 2018 07:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14942

Actions (login required)

View Item View Item