PENGUKURAN TINGKAT KINERJA PERUSAHAAN BERDASARKAN 4 PERSPECTIVE DENGAN METODE TOTAL PERFORMANCE SCORECARD (Studi Kasus di PT Aneka Adhilogam Karya)

Siregar, Arranda Syahfitra (2018) PENGUKURAN TINGKAT KINERJA PERUSAHAAN BERDASARKAN 4 PERSPECTIVE DENGAN METODE TOTAL PERFORMANCE SCORECARD (Studi Kasus di PT Aneka Adhilogam Karya). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
5.ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Daftar ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Lembar Pengesahan.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1.New Cover.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

PT Aneka Adhilogam Karya merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di industri pengecoran logam dengan spesifikasi Ductile Cast Iron. PT Aneka Adhilogam Karya mempunyai permasalahan berupa pendapatan yang tidak stabil dikarenakan penurunan produksi. Hal ini terbukti dari data tahun 2014 ke tahun 2015 yang mengalami penurunan pendapatan sebesar 10%, dari rata-rata pendapatan. Kemudian penilaian kinerja karyawan setiap departemen produksi berdasarkan dari borongan, yang dimaksud borongan adalah pengukuran kinerja karyawan diukur dari jumlah borongan, semakin banyak semakin baik. hal ini mengakibatkan karyawan tidak mempunyai target kerja untuk individunya. Pengukuran kinerja perusahaan pada penelitian ini menggunakan metode Total Performance Scorecard (TPS). Metode diawali dengan mengolah data personal balanced scorecard, organizational balanced scorecard, personal balanced scorecard (departemen), dan mengolah kinerja karyawan yang ada di bagian produksi. Kemudian data kuisioner diolah berdasarkan aspek yang ada. Langkah penelitian secara berurutan meliputi penentuan obyek penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, hasil dan pembahasan, strategi perbaikan, dan kesimpulan serta saran terhadap penelitian berikutnya. Berdasarkan 4 perspective dengan metode total performance scorecard pembahasan dan strategi perbaikan, dapat disimpulkan pengukuran tingkat kinerja perusahaan dalam keadaan baik yaitu sebesar 4,66, dengan rincian perspective keuangan sebesar 5, perspective external sebesar 4,39, perspective internal sebesar 4,60, dan perspective pengetahuan dan pembelajaran sebesar 4,68. Strategi perbaikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan, kepada aspek pemasaran yang perlu perhatian diantaranya, perusahaan sebaiknya bermitra atau bekerja sama dengan CV, menyediakan sarana melalui media sosial dan memfasilitasi customer serta online-customer dan melakukan evaluasi dan inovasi secara berkala. Kata kunci : Pengukuran kinerja, Total Performance Scorecard (TPS)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Apr 2018 06:28
Last Modified: 06 Apr 2018 06:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14920

Actions (login required)

View Item View Item