PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UPN „VETERAN‟ YOGYAKARTA

PRAKASA, FEBRIANTO GENTA (2018) PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UPN „VETERAN‟ YOGYAKARTA. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hal. Pengesahan.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (148kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada hakikatnya sebuah organisasi dibangun untuk mencapai tujuan tertentu, begitu juga Himakom (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi) UPN Veteran Yogyakarta. Iklim komunikasi organisasi dan motivasi kerja pengurus organisasi berperan penting dalam mewujudkan tujuan yang telah ditentukan. Jika iklim komunikasi organisasi dibangun dengan baik diharapkan dapat memengaruhi motivasi kerja pengurus organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja pengurus organisasi Himakom UPN Veteran Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam teori ini yaitu teori S-O-R (Stimulus Organism Respons). Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan tipe penelitian survey. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus organisasi Himakom sebanyak 63 responden. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja pengurus organisasi Himakom UPN Veteran Yogyakarta. Hasil analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,757 dan signifikansi 0,000. Berarti terdapat hubungan yang kuat antara variabel iklim komunikasi organisasi terhadap motivasi kerja pengurus organisasi Himakom UPN Veteran Yogyakarta. Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana didapatkan nilai sebesar 57,3%, yang artinya bahwa motivasi kerja pengurus organisasi Himakom UPN Veteran Yogyakarta dapat dijelaskan melalui iklim komunikasi organisasi, dan sisanya 42,7% dijelaskan oleh faktor lain diluar dari yang diteliti. Dari keseluruhan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teori S-O-R teruji dan relevan pada populasi di penelitian ini. Kata kunci: iklim komunikasi organisasi, motivasi kerja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Apr 2018 01:46
Last Modified: 06 Apr 2018 01:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14877

Actions (login required)

View Item View Item