PERSEPSI MAHASISWA KOMUNIKASI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA MENGENAI FENOMENA GAYA HIDUP SELEBRITI INSTAGRAM @awkarin

RARASWATI, SAVANA (2018) PERSEPSI MAHASISWA KOMUNIKASI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL “VETERAN” YOGYAKARTA MENGENAI FENOMENA GAYA HIDUP SELEBRITI INSTAGRAM @awkarin. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengguna media sosial Instagram di Indonesia sudah semakin meningkat dan belakangan ini beberapa pengguna Instagram menjadi selebriti Instagram karena memiliki followers dari ratusan hingga jutaan pengguna dan memiliki konten yang menarik di akun Instagram-nya. Salah satu selebriti Instagram yang menjadi perbincangan publik karena gaya hidupnya yang kontroversial yaitu Karin Novilda atau yang biasa dikenal Awkarin. Berdasarkan latar belakang di atas, hal yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta tentang gaya hidup Awkarin di media sosial Instagram dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa komunikasi tentang gaya hidup Awkarin sebagai selebriti media sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Persepsi yang dimulai dari penglihatan hingga terbentuk tanggapan, Teori Media Baru yang menghubungkan antara dunia publik dan privat, dan Teori Sosial dan Media saling berkaitan karena media menyebarkan dan mempengaruhi kehidupan sosial. Lalu menggunakan metode kualitatif analisis pesan yang dilakukan di akun Instagram Awkarin dari foto, video pendek dan komentar pengguna lain, wawancara tidak terstruktur dengan mahasiswa yang mengetahui Instagram Awkarin sebagai data primer dan studi pustaka berupa data dari buku literature terkait sebagai data sekunder. Hasil penelitian yang diperoleh adalah mahasiswa memberikan persepsi bahwa Awkarin selebgram yang fashionable namun gaya berbicaranya tidak patut dicontoh. Followers Awkarin juga sudah jutaan pengguna dibandingkan selebgram yang tidak memiliki masalah dan sudah terlebih dahulu terkenal. Mahasiswa berharap agar pengguna Instagram tidak terpengaruh dengan gaya hidupnya. Keywords: Persepsi, Media Baru, Sosial dan Media

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Apr 2018 02:34
Last Modified: 05 Apr 2018 02:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14864

Actions (login required)

View Item View Item