TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP INFORMASI BERITA DI MEDIA ONLINE DETIK.COM (Studi Kuantitatif Deskriptif Tentang Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 UPN “Veteran” Yogyakarta Terhadap Informasi Berita di Media Online Detik.com)

Rozi, Rifan Fakhrur (2018) TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP INFORMASI BERITA DI MEDIA ONLINE DETIK.COM (Studi Kuantitatif Deskriptif Tentang Kepuasan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 UPN “Veteran” Yogyakarta Terhadap Informasi Berita di Media Online Detik.com). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3) COVER.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4) LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2) ABSTRAK.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5) DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Keinginan untuk mencari dan menggunakan media, termasuk media elektronik (internet), di sebabkan oleh adanya dorongan diri seseorang, untuk memilih bentuk media yang mereka rasa dapat memenuhi kebutuhannya. Setelah memilih bentuk media yang sesuai dengan keinginannya, akan terjadi proses penggunaan media. Salah satu alternatif media yang dapat di gunakan adalah media online detik.com, yang mengalami penurunan akses pada bulan april 2016, di lihat dari situs arsip web.archive.org. Berdasarkan hal tersebut, peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah detik.com masih dapat memuaskan pembacanya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif, sebagai objek penelitiannya adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Veteran “Yogyakarta” angkatan 2015, diperoleh sampel 118 mahasiswa. Karakteristik responden, semua pernah mengakes detik.com, dengan rata – rata akses selama 5 hingga 10 menit, frekuensi akses tidak tentu, bisa satu atau dua kali dalam seminggu. Responden mayoritas perempuan, dengan rata-rata usia 19 tahun. Kepuasan responden yang di lihat dari motif informasi, motif identitas personal, motif interaksi sosial, dan motif hiburan, secara umum dapat terpuaskan, karena perbandingan mean skor Gratification Obtained lebih besar dari mean skor Gratification Sought. Tingkat kepuasan mahasiswa terhadap media online detik.com ada pada kategori “Tinggi” pada semua motif. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa merasa puas dengan informasi berita di media online detik.com walapun akses terhadap media online detik.com mengalami penurunan. Hal ini menunjukan bahwa konten yang tersedia di media online detik.com masih dapat memuaskan harapan mahasiwa. Adanya motif interaksi sosial yang belum memuaskan mahasiswa, menjadi evaluasi bagi detik.com. Kata Kunci : Detik.com, Mahasiswa, Gratification Sought, Gratificaition Obtained, Kepuasan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jan 2018 01:51
Last Modified: 24 Jan 2018 01:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14342

Actions (login required)

View Item View Item