ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA KREBET DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Deskriptif Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Krebet Pajangan Bantul Yogyakarta)

PUTRI UTAMI, MAYLSA (2017) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA KREBET DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Deskriptif Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Krebet Pajangan Bantul Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.cover skripsi.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Desa Wisata Krebet merupakan desa wisata yang sudah maju di Kabupaten Bantul. Krebet mempunyai ikon wisata unggulan yaitu kerajinan batik kayu. Desa Wisata Krebet terletak di Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dan Pengelola Desa Wisata Krebet dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, karena pada tahun 2016 dan 2017 mengalami penurunan jumlah kunjungan wisatawan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam hal ini, Desa Wisata Krebet telah menggunakan komponen strategi bauran komunikasi pemasaran yaitu 4P, product, place, price, promotion. Product yang dimiliki Krebet yaitu produk wisata alam, edukasi, kuliner, kerajinan dan penginapan. Krebet memiliki tempat yang asri dan nyaman, harga (price) paket wisata ditetapkan oleh pengelola Desa Wisata Krebet, tetapi untuk kerajinan batik kayu memiliki harga dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemilik sanggar pribadi. Kegiatan promosi meliputi iklan, promosi penjualan, event, pameran, namun aktivitas iklan dalam penggunaan media online sebagai sarana promosi belum dimanfaatkan dengan baik, khususnya penggunaan website yang saat ini terhenti dan tidak tersedianya tenaga ahli yang secara khusus menangani website menjadi salah faktor penghambatnya. Kata kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Kunjungan Wisatawan. Krebet tourism village is advanced tourism village in Bantul Regency. The icons of Krebet is the seed of wooden batik. Krebet Tourism Village is located in Sendangsari, Pajangan, Bantul. Problems of this research is about how marketing communications strategy Bantul department of tourism and the management of Krebet in order to increase the number of tourist visits,because last year 2016 and 2017 has experienced a fall in the number of tourist visits. The purpose of this research that is to know the communication strategy marketing and by factors in supporting inhibitors in it’s implementation. Descriptive research was used in this study with a qualitative approach. This study carried out by interview, observation, and study documentation to collect the data. Data analysis techniques used with data collection, presentasion of data and the last is conclusion. The validity of data undertaken triangulation sources and data techniques. Based on the research done obtained by the conlcusion that in this case Krebet Tourism Village was using four component marketing mix strategy that is product, place, price, promotion. Krebet has product like natural tourism, education, culinary, craft, and lodgings. Krebet has the place which is comfort for tourist, the price for tourism set up by Krebet, for wooden batik by the individual who has the showroom. The activity of marketing such as advertising, sales promotion, event, and exhibition. But the activity of advertising at online media still not optimally, especially to used website, and now the websites was stopped and lack of expert to handle the website become a factor of inhibitors. Key words : Marketing Communication Strategy, Tourist visits

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:11
Last Modified: 23 Jan 2018 03:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14317

Actions (login required)

View Item View Item