ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA KREBET DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Deskriptif Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Krebet Pajangan Bantul Yogyakarta)

UTAMI, MAYLSA PUTRI (2017) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA KREBET DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN (Studi Deskriptif Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Krebet Pajangan Bantul Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1.cover skripsi.pdf]
Preview
Text
1.cover skripsi.pdf

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 5. ABSTRAK INGGRIS.pdf]
Preview
Text
5. ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 7.-full-skripsi-pdf.pdf] Text
7.-full-skripsi-pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Desa Wisata Krebet merupakan desa wisata yang sudah maju di Kabupaten
Bantul. Krebet mempunyai ikon wisata unggulan yaitu kerajinan batik kayu. Desa
Wisata Krebet terletak di Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten
Bantul. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi komunikasi
pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul dan Pengelola
Desa Wisata Krebet dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan,
karena pada tahun 2016 dan 2017 mengalami penurunan jumlah kunjungan
wisatawan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi
pemasaran serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi
dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan dengan pengumpulan data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan teknik
triangulasi sumber dan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan
bahwa dalam hal ini, Desa Wisata Krebet telah menggunakan komponen strategi
bauran komunikasi pemasaran yaitu 4P, product, place, price, promotion. Product
yang dimiliki Krebet yaitu produk wisata alam, edukasi, kuliner, kerajinan dan
penginapan. Krebet memiliki tempat yang asri dan nyaman, harga (price) paket
wisata ditetapkan oleh pengelola Desa Wisata Krebet, tetapi untuk kerajinan batik
kayu memiliki harga dan kebijakan yang ditetapkan oleh pemilik sanggar pribadi.
Kegiatan promosi meliputi iklan, promosi penjualan, event, pameran, namun
aktivitas iklan dalam penggunaan media online sebagai sarana promosi belum
dimanfaatkan dengan baik, khususnya penggunaan website yang saat ini terhenti
dan tidak tersedianya tenaga ahli yang secara khusus menangani website menjadi
salah faktor penghambatnya.

Kata kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Kunjungan Wisatawan.

Krebet tourism village is advanced tourism village in Bantul Regency. The
icons of Krebet is the seed of wooden batik. Krebet Tourism Village is located in
Sendangsari, Pajangan, Bantul. Problems of this research is about how marketing
communications strategy Bantul department of tourism and the management of
Krebet in order to increase the number of tourist visits,because last year 2016 and
2017 has experienced a fall in the number of tourist visits. The purpose of this
research that is to know the communication strategy marketing and by factors in
supporting inhibitors in it’s implementation. Descriptive research was used in this
study with a qualitative approach. This study carried out by interview, observation,
and study documentation to collect the data. Data analysis techniques used with
data collection, presentasion of data and the last is conclusion. The validity of data
undertaken triangulation sources and data techniques. Based on the research done
obtained by the conlcusion that in this case Krebet Tourism Village was using four
component marketing mix strategy that is product, place, price, promotion. Krebet
has product like natural tourism, education, culinary, craft, and lodgings. Krebet
has the place which is comfort for tourist, the price for tourism set up by Krebet,
for wooden batik by the individual who has the showroom. The activity of marketing
such as advertising, sales promotion, event, and exhibition. But the activity of
advertising at online media still not optimally, especially to used website, and now
the websites was stopped and lack of expert to handle the website become a factor
of inhibitors.

Key words : Marketing Communication Strategy, Tourist visits

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication Strategy, Tourist visits
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Jan 2018 03:11
Last Modified: 30 Apr 2024 07:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14317

Actions (login required)

View Item View Item