ANALISIS STRATEGI BRANDING DENGAN PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION) DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PRODUK (Studi Kasus Branding Produk Pertalite Oleh PT Pertamina di Wilayah MOR IV)

Sukma, Wurning Wandhedhah Laras (2018) ANALISIS STRATEGI BRANDING DENGAN PENERAPAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION) DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PRODUK (Studi Kasus Branding Produk Pertalite Oleh PT Pertamina di Wilayah MOR IV). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strategi branding yang inovatif dan kreatif merupakan cara yang perlu ditempuh perusahaan untuk membantu upaya pemasaran produknya. Strategi branding dengan komunikasi pemasaran terpadu atau biasa disebut Integrated Marketing Communication (IMC) merupakan salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk membantu perusahaan dalam melakukan branding produk. Kehadiran Pertalite oleh Pertamina sejak 2015 lalu merupakan wujud nyata yang menarik untuk dianalisis strateginya dalam membranding produk barunya tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi branding IMC dalam membangun brand awareness Pertalite yang dilakukan PT Pertamina MOR IV dan bagaimana brand awareness Pertalite setelah adanya penerapan strategi branding IMC. Strategi branding IMC menggunakan elemen bauran IMC yaitu iklan, promosi penjualan, humas & publikasi, penjualan personal, dan pemasaran langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara yang dilaksanakan pada 20-24 September 2017 dengan dua narasumber dari pihak internal perusahaan, yaitu dengan public relations officer dan marketing, serta empat narasumber dari eksternal perusahaan, yaitu konsumen Pertamina. Hasil yang diperoleh adalah peneliti menemukan strategi branding Pertalite yang dilakukan PT Pertamina MOR IV dibagi dalam 5 kategori, yaitu rencana strategi branding Pertalite, kegiatan branding Pertalite, peran strategi branding Pertalite, pesan yang disampaikan dalam branding Pertalite, serta media yang digunakan dalam branding pertalite. Kategori strategi branding yang dilakukan Pertamina MOR IV menerapkan strategi dengan menggunakan elemen bauran IMC yang dapat membangun brand awareness. Strategi branding IMC yang paling dominan dalam membangun brand awareness Pertalite adalah iklan. Iklan merupakan cara yang paling banyak dilakukan untuk membangun brand awareness Pertalite. Peneliti menemukan adanya brand awareness yang meningkat seiring dengan popularitas Pertalite di kalangan konsumen setelah pihak Pertamina gencar melakukan promosi. Brand awareness tersebut diantaranya adalah pengetahuan masyarakat mengenai Pertalite yang merupakan produk Pertamina beserta keunggulan-keunggulannya (berkualitas, terjangkau, ramah lingkungan) dan simbol-simbol yang identik dengan produk Pertalite. Kata kunci: Strategi Branding, Integrated Marketing Communication, Brand Awareness

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 09 Jan 2018 03:25
Last Modified: 09 Jan 2018 03:25
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item View Item