PENGARUH TERPAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PENGIKUT AKUN KULINER CIREBON

MOCHAMAD SANUSI, MOCHAMAD SANUSI (2017) PENGARUH TERPAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PENGIKUT AKUN KULINER CIREBON. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK_MOCHAMAD SANUSI_153130257_ILMU KOMUNIKASI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_MOCHAMAD SANUSI_153130257_ILMU KOMUNIKASI.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI_MOCHAMAD SANUSI_153130257_ILMU KOMUNIKASI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN_MOCHAMAD SANUSI_153130257_ILMU KOMUNIKASI.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap pengikut akun kuliner cirebon. Potensi wisata kuliner khas Cirebon tak kalah penting dari potensi wisata seni dan budaya yang ada. Akun Instagram Kuliner Cirebon merupakan salah satu akun yang mempromosikan makanan khas daerah Cirebon. Akun Kuliner Cirebon aktif di instagram terhitung sejak Juli tahun 2012 sampai Maret 2017 akun Kuliner Cirebon telah mempunyai 38.1K pengikut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh akun instagram Kuliner Cirebon terhadap minat beli konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persamaan media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun kuliner cirebon dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan nilai koefisien determinasi. Hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Instagram sebagai media promosi untuk meningkatkan minat beli konsumen terhadap pengikut akun kuliner cirebon. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,728 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti terdapat hubungan positif antara akun instagram Kuliner Cirebon terhadap minat beli konsumen dan hasil analisis menggunakan nilai koefisien determinasi besarnya variasi perubahan minat beli konsumen dijelaskan oleh nilai koefisien determinasi (R 2 ) sebesar 0.530 yang berarti variasi perubahan perilaku minat beli konsumen dijelaskan oleh penggunaan akun Instagram Kuliner Cirebon sebesar 53% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain sebesar 47% diluar dari variabel yang diteliti. Kata kunci: Instagram, Akun Kuliner Cirebon, Minat Beli Konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Jan 2018 02:09
Last Modified: 03 Jan 2018 02:09
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14009

Actions (login required)

View Item View Item