MOCHAMAD SANUSI, MOCHAMAD SANUSI (2017) PENGARUH TERPAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PENGIKUT AKUN KULINER CIREBON. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK_MOCHAMAD SANUSI_153130257_ILMU KOMUNIKASI.pdf Download (186kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER_MOCHAMAD SANUSI_153130257_ILMU KOMUNIKASI.pdf Download (265kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI_MOCHAMAD SANUSI_153130257_ILMU KOMUNIKASI.pdf Download (90kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN_MOCHAMAD SANUSI_153130257_ILMU KOMUNIKASI.pdf Download (115kB) | Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (151kB) |
|
Text
SKRIPSI-FULL-MOCHAMAD-SANUSI-153130257-ILMU-KOMUNIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang instagram sebagai media promosi untuk
meningkatkan minat beli konsumen terhadap pengikut akun kuliner cirebon.
Potensi wisata kuliner khas Cirebon tak kalah penting dari potensi wisata seni dan
budaya yang ada. Akun Instagram Kuliner Cirebon merupakan salah satu akun
yang mempromosikan makanan khas daerah Cirebon. Akun Kuliner Cirebon aktif
di instagram terhitung sejak Juli tahun 2012 sampai Maret 2017 akun Kuliner
Cirebon telah mempunyai 38.1K pengikut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui pengaruh akun instagram Kuliner Cirebon terhadap minat beli
konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori persamaan
media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah
pengikut akun kuliner cirebon dengan pengambilan sampel sebanyak 100
responden. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan nilai koefisien
determinasi. Hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara Instagram sebagai media promosi untuk
meningkatkan minat beli konsumen terhadap pengikut akun kuliner cirebon. Hasil
analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,728 dengan taraf
signifikansi 0,000 yang berarti terdapat hubungan positif antara akun instagram
Kuliner Cirebon terhadap minat beli konsumen dan hasil analisis menggunakan
nilai koefisien determinasi besarnya variasi perubahan minat beli konsumen
dijelaskan oleh nilai koefisien determinasi (R
2
) sebesar 0.530 yang berarti variasi
perubahan perilaku minat beli konsumen dijelaskan oleh penggunaan akun
Instagram Kuliner Cirebon sebesar 53% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor
lain sebesar 47% diluar dari variabel yang diteliti.
Kata kunci: Instagram, Akun Kuliner Cirebon, Minat Beli Konsumen.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Akun Kuliner Cirebon, Minat Beli Konsumen. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 03 Jan 2018 02:09 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 02:59 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14009 |
Actions (login required)
View Item |