HANDAYANI, WAHYU (2017) ANALISIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PEMOHON PENGUKURAN BIDANG TANAH YANG DI MEDIASI OLEH SERVICE QUALITY PENGUKURAN BIDANG TANAH SURVEI PADA SEKSI INFRASTRUKTUR PERTANAHAN, KANTOR PERTANAHAN KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
1.pdf Download (89kB) | Preview |
Preview |
Text
2.pdf Download (75kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (15kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (14kB) | Preview |
Preview |
Text
cover.pdf Download (777kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar isi.pdf Download (40kB) | Preview |
Abstract
Salah satu tugas penting Kementerian ATR / BPN adalah melaksanakan
pengelolaan Sumber Daya Tanah secara utuh dan terpadu dengan memanfaatkan
perkembangan teknologi sistem informasi dan manajemen modern.Pelayanan
utama yang diberikan adalah sertifikasi tanah, dimana sertifikat terdiri atas Buku
Tanah dan Surat Ukur. Faktor kepuasan pemohon pengukuran bidang tanah yang
produk akhirnya Surat Ukur dan Peta Bidang dipengaruhi oleh kualitas pelayanan
pengukuran bidang tanah. Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta dalam hal
pelayanan pengukuran bidang tanah belum optimal memenuhi kepuasan pemohon
pengukuran bidang tanah. Untuk itu salah satu usaha yang perlu diterapkan Seksi
Infrastruktur Pertanahan di Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta adalah melalui
peningkatan pelayanan pengukuran bidang tanah dengan penerapan Total Quality
Management. Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pertanahan tergantung
dari Service Quality pegawai Kementerian ATR/BPN dalam memberikan
pelayanan.
Dalam penelitian ini, metodologi penelitian yang dipergunakan penulis
adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan
menggunakan metode analisis Partial Least Square (PLS). Populasi dalam
penelitian ini adalah semua pemohon layanan pengukuran bidang tanah di Seksi
Infrastruktur Pertanahan Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta. Sampel yang
dipakai dalam penelitian ini adalah sebagian pemohon pengukuran bidang tanah
di Seksi Infrastruktur Pertanahan, Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta. Teknik
Sampling yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Non probability
Sampling, dengan Nonprobability Sampling yang dipilih dalam penelitian ini
adalah insidental. Dalam peneltian ini menggunakan teknik pengumpulan data
dengan kuesioner.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: a)Total Quality Management
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pemohon pengukuran
bidang tanah di Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta. Semakin tinggi total quality
management yang dimiliki semakin meningkatkan Kepuasan Pemohon
pengukuran bidang tanah. b)Total Quality Management berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Kepuasan Pemohon Pengukuran bidang tanah di Seksi
Infrastruktur Pertanahan Kantor Pertanahan Kota Yogyakarta yang di mediasi
oleh Service Quality.Semakin tinggi service quality dalam pengukuran bidang
tanah akan semakin meningkatkan kepuasan pemohon pengukuran bidang tanah.
Kata Kunci: Surat Ukur, Peta Bidang Tanah, Partial Least square
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 29 Dec 2017 03:03 |
Last Modified: | 29 Dec 2017 03:03 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |