PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM PEMBUATAN NOVEL (Studi Deskriptif Twitter Polls dalam Pembuatan Novel “The Architecture of Love” Karya Ika Natassa)

Amini, Winny Aisyah (2017) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TWITTER DALAM PEMBUATAN NOVEL (Studi Deskriptif Twitter Polls dalam Pembuatan Novel “The Architecture of Love” Karya Ika Natassa). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK WINNY.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Peran Twitter sebagai media dalam kehidupan sehari-hari digunakan kebanyakan orang untuk pelengkap dalam memenuhi kebutuhan dalam berinteraksi. Seorang penulis Ika Natassa menggunakan Twitter sebagai media perpanjangan untuk medium bercerita. Penggunaannya sebagai medium dalam mengembangkan dunia literasi dengan menggabungkan kemajuan teknologi dengan kepiawaiannya sebagai sorang penulis novel. Dengan kemunculan fitur twitterpolls membantu dirinya dengan mengajak para followers pada akun pribadinya @Ikanatassa untuk menyumbangkan ide cerita melalui polling dengan berbagai pilihan yang disediakan. Novel dengan judul ‘The Architecture Of love’ merupakan buku pertama di dunia yang pembuatannya dengan menggunakan media sosial Twitter. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana peran fitur Twitterpolls sebagai media interaksi pembuatan novel dan juga media pemasaran novel. Penelitian ini bersifat kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Dari pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa interaksi antara Ika Natassa sebagai penulis kepada followersnya cukup sering dan di dukung dengan fitur-fitur lain dalam media Twitter. Diperlukan tindakan bersama (Joint Action) dan antusiasme para followers untuk menentukan ide pada setiap bab cerita dalam setiap episodenya dari awal hingga akhir episode. Buku ‘The Architecture Of Love’ memiliki branding yang kuat sebagai buku yang memanfaatkan penggunaan media sosial di mata para pembaca karena keunikan yang di bangun pada setiap episode saat polling berlangsung. Selama masa 'penayangannya', poll story sudah berhasil mengumpulkan 19.535 peserta polling, lebih dari 49 ribu pembaca, dan saat dibukukan juga berhasil terjual lebih dari 15 ribu eksemplar hanya dalam 2 bulan. Kata kunci: Studi deskriptif, Joint Action, Twitterpolls, Ika Natassa, The Architecture Of Love

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:10
Last Modified: 23 Oct 2017 02:10
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13436

Actions (login required)

View Item View Item