KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA TUNARUNGU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR ( STUDI PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA - B YAAT KLATEN)

ARTHA, ADITYA (2017) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DAN SISWA TUNARUNGU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR ( STUDI PADA SISWA TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA - B YAAT KLATEN). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah keterampilan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui komunikasi manusia merasakan kebersamaan sebagai anggota masyarakat dan mampu menciptakan interaksi dua arah dengan sesama. Keterbatasan pendengaran yang di alami anak tunarungu, mengakibatkan perannya dalam menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial seringkali mengalami hambatan dalam komunikasi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal yangterjadi antara guru dan siswa SLB-B YAAT Klaten dalamkegiatan belajar mengajar.Penelitian ini menggunakan metode survei yang bersifat kualitatif dengan pemaparan data dimana peneliti berusaha menggali lebih dalam menggambarkan pengamatan secara langsung dan melukiskan berdasarkan faktafakta yang ada. Penelitian deskriptif menggunakan teknik wawancara, dan pengumpulan data siswa dan guru di SLB-B YAAT Klaten. Berdasarkan teori interaksi simbolik, dengan menekankan pada hubungan antara simbol dan interaksi, serta inti dari pendekatan ini adalah individu (anak tunarungu). Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan interpersonal antara guru dengan siswa SLB-B YAAT Klaten apabila dianalisis menggunakan teori interaksi simbolik, maka guru menggunakan simbol, yakni bahasa isyarat baik dalam komunikasi formal (bisindo dan sibi) maupun informal (gerak bibir, mimik muka, dan bahasa ibu) yang dirasa sangat efektif penyampaian pesan dalam kegiatan belajarmengajar. Selain itu,terdapat beberapa aspek yang mempengaruhi keberhasilan komunikasi interpersonal antara guru dengan siswa SLB-B yakni adanya keterbukaan, empati, sikap mendukung, kepercayaan diri, dan kebersamaan. Kata Kunci :Komunikasi Interpersonal, Metode Belajar, SLB-B.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:58
Last Modified: 20 Oct 2017 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13411

Actions (login required)

View Item View Item