PENENTUAN PARAMETER PROSES PRODUKSI GENTENG PRES YANG OPTIMAL UNTUK MENINGKATKAN KEKUATAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Perusahaan Genteng Maryono, Godean, Sleman)

Parmawati, Eka (2017) PENENTUAN PARAMETER PROSES PRODUKSI GENTENG PRES YANG OPTIMAL UNTUK MENINGKATKAN KEKUATAN LENTUR MENGGUNAKAN METODE TAGUCHI (Studi Kasus di Perusahaan Genteng Maryono, Godean, Sleman). Other thesis, UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER TA.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.IND.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.ING.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LP EKA.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Maryono (MYN), merupakan salah satu perusahaan berskala kecil yang memproduksi genteng pres di Kecamatan Godean. Dalam produksi genteng MYN ini tidak terlepas dari permasalahannya yaitu masih sering ditemukan produk yang tidak sesuai atau cacat, terutama cacat retak. Cacat retak disebabkan oleh beberapa hal salah satunya kekuatan lentur genteng. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan parameter proses produksi untuk memperoleh kekuatan lentur genteng yang maksimal. Dalam penelitian ini menggunakan faktor terkendali yaitu komposisi tanah liat (perbandingan tanah gunung dan tanah sawah yaitu 40%:60%, 50%:50% dan 60%:40%), pemberian air yaitu 5 liter, 10 liter dan 15 liter, lama waktu penggilingan 2 menit, 4 menit dan 6 menit serta lama waktu pembakaran 11 jam, 12 jam dan 13 jam. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa kombinasi faktor dan level yang optimal adalah faktor A level 3 (komposisi tanah liat 60% tanah gunung:40% tanah sawah), faktor B level 3 (pemberian air) sebesar 15 liter, faktor C (lama waktu penggilingan) sebanyak 3 kali dan faktor D level 3 (lama waktu pembakaran) selama 13 jam. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mengatur kembali faktor dan level kendali, menambahkan faktor yang dapat dikendalikan dan menambahkan kualitas genteng selain kekuatan lentur. Kata kunci: taguchi, parameter optimal, kekuatan lentur, genteng pres

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:43
Last Modified: 19 Oct 2017 04:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item