FAUZI, RIZAL AKBAR (2017) REPRESENTASI MASKULINITAS PRIA DALAM IKLAN POND’S MEN VERSI “MARSHALL SASTRA - LELAKI MASA KINI”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (179kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (229kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
Preview |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (634kB) | Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (350kB) |
|
Text
SKRIPSI-FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan dunia bisnis dan industri di Indonesia yang semakin pesat
menimbulkan adanya persaingan dalam meraih konsumen. Salah satu cara
menarik hati konsumen, perusahaan menggunakan media iklan televisi. Banyak
iklan tentang produk perawatan pria membuat berbagai varian dan inovasi untuk
menarik hati konsumen. Iklan Pond’s Men versi “Marshalll Sastra – Lelaki Masa
Kini” muncul dengan representasi maskulinitas dengan penggambaran sosok
maskulinitas seorang pria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna isi
pesan dalam merepresentasikan maskulinitas dalam iklan Pond’s Men versi
“Marshall Sastra – Lelaki Masa Kini”. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
wawancara, dokumentasi, studi pustaka, serta referensi-referensi yang berkaitan
dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Semiotika
Roland Barthes. Penelitian menggunakan 4 dari 9 formula yaitu Siapa
Komunikator, Motivasi Komunikator, Konteks Fisik dan Sosial, Intersektualitas,
dan Intersubyektivitas. Hasil Penelitian dari iklan Pond’s Men versi “Marshall
Sastra – Lelaki Masa Kini” terdapat makna konotasi dan denotasi maskulinitas
pria yang dilihat dari cara berpenampilan, bersikap, dan gaya memimpin, serta
makna warna dan tanda-tanda yang digunakan pada iklan untuk membangun
kepercayaan diri dalam membentuk maskulinitas. Budaya maskulinitas pria dalam
iklan menyangkut fisik dan karakter. Iklan Pond’s Men yang menggambarkan
maskulinitas pria mengandung ideologi kapitalisme dimana kostum dan properti
diperlihatkan untuk menunjukan tanda dari ideologi tersebut.
Kata Kunci: Iklan Televisi, Maskulinitas, Semiotika Roland Barthes, Iklan
Pond’s Men versi “Marshall Sastra – Lelaki Masa Kini”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan Televisi, Maskulinitas, Semiotika Roland Barthes, Iklan Pond’s Men versi “Marshall Sastra – Lelaki Masa Kini”. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 06:17 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 07:50 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13066 |
Actions (login required)
View Item |