REPRESENTASI MASKULINITAS PRIA DALAM IKLAN POND’S MEN VERSI “MARSHALL SASTRA - LELAKI MASA KINI”

FAUZI, RIZAL AKBAR (2017) REPRESENTASI MASKULINITAS PRIA DALAM IKLAN POND’S MEN VERSI “MARSHALL SASTRA - LELAKI MASA KINI”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
halaman pengesahan.pdf

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of SKRIPSI-FULL.pdf] Text
SKRIPSI-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan dunia bisnis dan industri di Indonesia yang semakin pesat
menimbulkan adanya persaingan dalam meraih konsumen. Salah satu cara
menarik hati konsumen, perusahaan menggunakan media iklan televisi. Banyak
iklan tentang produk perawatan pria membuat berbagai varian dan inovasi untuk
menarik hati konsumen. Iklan Pond’s Men versi “Marshalll Sastra – Lelaki Masa
Kini” muncul dengan representasi maskulinitas dengan penggambaran sosok
maskulinitas seorang pria. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna isi
pesan dalam merepresentasikan maskulinitas dalam iklan Pond’s Men versi
“Marshall Sastra – Lelaki Masa Kini”. Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
wawancara, dokumentasi, studi pustaka, serta referensi-referensi yang berkaitan
dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Semiotika
Roland Barthes. Penelitian menggunakan 4 dari 9 formula yaitu Siapa
Komunikator, Motivasi Komunikator, Konteks Fisik dan Sosial, Intersektualitas,
dan Intersubyektivitas. Hasil Penelitian dari iklan Pond’s Men versi “Marshall
Sastra – Lelaki Masa Kini” terdapat makna konotasi dan denotasi maskulinitas
pria yang dilihat dari cara berpenampilan, bersikap, dan gaya memimpin, serta
makna warna dan tanda-tanda yang digunakan pada iklan untuk membangun
kepercayaan diri dalam membentuk maskulinitas. Budaya maskulinitas pria dalam
iklan menyangkut fisik dan karakter. Iklan Pond’s Men yang menggambarkan
maskulinitas pria mengandung ideologi kapitalisme dimana kostum dan properti
diperlihatkan untuk menunjukan tanda dari ideologi tersebut.

Kata Kunci: Iklan Televisi, Maskulinitas, Semiotika Roland Barthes, Iklan
Pond’s Men versi “Marshall Sastra – Lelaki Masa Kini”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Iklan Televisi, Maskulinitas, Semiotika Roland Barthes, Iklan Pond’s Men versi “Marshall Sastra – Lelaki Masa Kini”.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 29 Sep 2017 06:17
Last Modified: 06 Nov 2023 07:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item