PENGARUH EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN di SECRET GARDEN CAFÉ JOGJA

OKTAVIANI, DEVI PENGARUH EFEKTIFITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PIMPINAN DAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN di SECRET GARDEN CAFÉ JOGJA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DEVI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI DEVI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Secret Garden Café merupakan salah satu café yang memiliki konsep green cafe yang cukup terkenal di Yogyakarta. Selain konsep café yang dibangun, ada satu faktor yang dapat menentukan keberlangsungan café ini, yaitu komunikasi interpersonal yang dibangun antara pimpinan dengan karyawan. Komunikasi interpersonal dapat dikatakan efektif atau berhasil apabila terciptanya saling pengertian dari pengirim kepada penerima pesan, sehingga pesan yang disampaikan mudah dimengerti dan dilaksanakan. Dengan komunikasi interpersonal antara pimpinan dan karyawan yang efektif akan tercipta kinerja karyawan yang baik pula. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan efektifitas komunikasi interpersonal antara pimpinan dan karyawan terhadap kinerja karyawan di Secret Garden Café Jogja. Teori yang digunakan dalam teori ini yaitu teori S-O-R (Stimulus Organism Respons) dan teori pertukaran sosial. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan tipe penelitian survey. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Secret Garden Café sebanyak 26 responden. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan regresi linear sederhana. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan komunikasi efektifitas interpersonal antara pimpinan dan karyawan terhadap kinerja karyawan di Secret Garden Café Jogja. Hasil analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,729 dan signifikansi 0,000. Berarti terdapat hubungan yang kuat antara variabel efektifitas komunikasi interpersonal antara pimpinan dan karyawan terhadap kinerja karyawan di Secret Garden Café Jogja. Hasil analisis menggunakan regresi linear sederhana didapatkan nilai sebesar 53,1%, yang artinya bahwa kinerja karyawan Secret Garden Café dapat dijelaskan melalui efektifitas komunikasi interpersonal antara pimpinan dan karyawan, dan sisanya 46,9% dijelaskan oleh faktor lain diluar dari yang diteliti. Dari keseluruhan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa teori S-O-R dan teori pertukaran sosial teruji dan relevan pada populasi di penelitian ini. Kata kunci: efektifitas komunikasi interpersonal, kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 29 Sep 2017 03:31
Last Modified: 29 Sep 2017 03:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item