ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI, PEMBANGUNAN MENOREH HOTEL DAN RESORT PADA LAHAN KOSONG DI DUSUN PANDU KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO D.I.Y

Lailatul Mufidah, Luluk (2017) ANALISIS KELAYAKAN EKONOMI, PEMBANGUNAN MENOREH HOTEL DAN RESORT PADA LAHAN KOSONG DI DUSUN PANDU KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO D.I.Y. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis Kelayakan Ekonomi, Pembangunan Menoreh Hotel dan Resort Pada Lahan Kosong di Dusun Pandu Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo D.I.Y. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini adalah banyaknya keberadaan lahan yang belum dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya, sedangkan lahan yang belum dimanfaatkan sesuai dengan fungsinya dapat menurunkan image suatu kawasan. Artinya lahan tersebut memiliki dampak negatif terhadap estetika kawasan. Lahan kosong pada kawasan tersebut memiliki dampak ekonomi yaitu menurunnya penerimaan PAD dari sektor pajak bagi pemerintah. Di samping itu juga mengakibatkan dampak sosial, yaitu hilangnya kesempatan peluang kerja. Dengan kata lain, lahan yang tak termanfaatkan pada kawasan tersebut memiliki dampak negatif terhadap perekonomian. Untuk itu dibutuhkan pemanfaatan lahan yang berpotensi berkembang untuk lahan kosong pada wilayah tersebut, guna sebagai langkah antisipasi dari pemanfaatan lahan yang tidak sesuai. Alat analisisi yang digunakan untuk melihat apakah Menoreh Hotel dan Resort layak didirikan dari segi finansial, ekonomi dan apakah proyek tersebut bermanfaat juga bagi Pemerintah dan penduduk sekitar adalah Net Present Value (NPV), Internal Rate Of Retrunt (IRR), Payback Periode (PBP), Gross Benefit Cost Ratio (Gross B/C Ratio), Net Benefit Cost Ratio (Net B/C Ratio) dan analisis sensitivitas. Hasil dari penelitian dengan menggunakan alat analiis diatas menunjukan bahwa proyek pembangunan Menoreh Hotel dan Resort ini layak dipertimbangkan, karena berdasarkan analisis ekonomi NPV yang dihasilkan positif sebesar Rp 776.145.138 IRR sebesar 28% dan PBP 4 tahun lebih kecil dari umur proyek selama 12 tahun dan analisis sensitivitas benefit pada pembangunan Menoreh Hotel dan Resort pada tinggakt occupancy awal yang telah di targetkan oleh pihak hotel sebesar 70% hotel dikatakan layak dan ketika tingkat occupancy hotel turun menjadi 69% Menoreh Hotel dan Resort masih memiliki angka positif yang artinya proyek tersebut layak. Tingkat occupancy Menoreh Hotel dan Resort tidak boleh dibawah 11%. Jika tingkat occupancy turun lebih dari 11% maka hotel dinyatakan rugi. Kata Kunci: Study kelayakan hotel NPV, IRR, Payback Period, BGCR, NBCR.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:40
Last Modified: 28 Sep 2017 04:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13013

Actions (login required)

View Item View Item