STRATEGI PT. MEDIA TELEVISI INDONESIA (METRO TV) SEBAGAI “MEDIA TELEVISI BERITA” DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TELEVISI DI INDONESIA

Kusuma, Gladi Dwinta (2017) STRATEGI PT. MEDIA TELEVISI INDONESIA (METRO TV) SEBAGAI “MEDIA TELEVISI BERITA” DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TELEVISI DI INDONESIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (583kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

PT. Media Televisi Indonesia / METRO TV adalah televisi berita 24 jam pertama di Indonesia yang mulai mengudara pada tanggal 25 November 2000. Metro TV merupakan salah satu anak perusahaan dari MEDIA GROUP yang dimiliki oleh Surya Paloh. Metro TV yang dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai media televisi berita yang memberikan informasi berita tiada henti dan merupakan salah satu media di Indonesia yang berani menawarkan 70 % porsi acaranya untuk berita atau program buletin (news) dan 30 % porsi untuk program non buletin (news). Dalam perkembangan media televisi di Indonesia, Metro TV dituntut untuk mampu bersaing dengan televisi-televisi di Indonesia sebagai televisi berita di Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan oleh Metro TV sebagai televisi berita dalam menghadapi persaingan televisi di Indonesia. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dimiliki Metro TV dalam menyiarkan program baik program bulletin dan non bulletin menggunakan strategi programming televisi berita yang beredukasi dan mencerdaskan bangsa. Program yang disiarkan oleh Metro TV hanya program yang memiliki unsur edukasi tinggi dan memiliki standart kelas menengah keatas. Namun sebagai televisi berita, strategi Metro TV dianggap perlu ditingkatkan agar semakin mampu bersaing dengan televisi-televisi di Indonesia.
Kata kunci : Media televisi, televisi berita, strategi, strategi penyiaran, persaingan televisi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media televisi, televisi berita, strategi, strategi penyiaran, persaingan televisi.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 19 Jul 2017 04:15
Last Modified: 20 Nov 2023 01:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item View Item