MEMBANGUN PRODUCT AWARENESS MELALUI IN-GAME ADVERTISING VIDEO GAME (Studi Deskriptif Kualitatif Dalam Membangun Product Awareness Melalui In-game Advertising Pada Game Pro Evolution Soccer ”PES” )

Pradana, Adang Leftian (2017) MEMBANGUN PRODUCT AWARENESS MELALUI IN-GAME ADVERTISING VIDEO GAME (Studi Deskriptif Kualitatif Dalam Membangun Product Awareness Melalui In-game Advertising Pada Game Pro Evolution Soccer ”PES” ). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Game secara umum dikenal oleh masyarakat sebagai sektor hiburan atau entertain. Jika dilihat lebih dalam, sesungguhnya game sudah menjadi sebuah media massa. Media dimana sebuah pesan dapat disampaikan dan ditanamkan ke dalam benak audiens-nya. Berbeda dengan media lain, game memberikan interaksi komunikasi dua arah secara langsung dalam bentuk semi realitas atau disebut sebagai virtual. Game Pro Evolution Soccer ”PES ”merupakan game simulasi sepak bola yang segmen-nya jelas menyasar pada pecinta sepak bola. Jika dilihat dari kacamata periklanan, maka sangat banyak pesan marketing yang terkandung didalam game ini. Banyak brand besar yang mengkampanyekan produk-nya sebagai iklan game. Iklan pada game pun memiliki banyak bentuk, dan salah satunya adalah in-game advertising. Bentuk iklan ini menjadi elemen didalam game yang dapat digunakan untuk kebutuhan permainan. Penelitian ini mengarah pada penjambaran dari setiap penempatan in-game advertising dalam game ”PES”. Penelitian ini termasuk kedalam studi deskriptif kualitatif. Study terfokus pada objek iklan lewat media game atau sering disebut in-game advertising. Penelitian ini dibuat untuk melihat serta membedah bagaimana pesan iklan didalam dame dapat membangun product awareness pada audiens-nya. Hasil yang diperoleh bahwa in-game advertising dalam game ”PES” sangat beragam. Bentuk iklan tersebut disesuaikan konten visual, pesan, cara penyampaian, hingga peruntukannya. Brand power, selling point, publication, product positioning merupakan isi pesan yang terus disampaikan dalam setiap bentuk iklan dalam game untuk membentuk kesadaran produk (product awareness) audiens ”PES” oleh pengiklan. Pesan tersebut terus menerpa audiens dalam jangka waktu panjang dan berkesinambungan, sehingga pesan marketing tertanam didalam benak target audiens dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 18 Jul 2017 08:11
Last Modified: 18 Jul 2017 08:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12312

Actions (login required)

View Item View Item