ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BUKALAPAK (Studi pada Pelanggan Bukalapak Komunitas Kajian Sunnah Mesjid Muhajirin Condongcatur)

Rianda, Rezki (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BUKALAPAK (Studi pada Pelanggan Bukalapak Komunitas Kajian Sunnah Mesjid Muhajirin Condongcatur). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstract

Rezki Rianda, Nomor Pokok Mahasiswa 152120010, Program Studi
Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan
Nasional “Veteran” Yogyakarta. Judul penelitian Analisis Faktor-faktor yang
Memengaruhi Keputusan Pembelian pada Bukalapak (Studi pada Komunitas Kajian
Sunnah Mesjid Muhajirin Condongcatur), 2017. Dosen pembimbing I Dr. Sigit
Haryono, S.Sos, M.Si. dan dosen pembimbing II Drs. Indro Herry Mulyanto. M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakotr-faktor apa saja yang
memengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian online pada Bukalapak. Jenis
penelitian eksplorasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan metode simple random sampling dengan ukuran sampel 40 responden
melalui penyebaran kuisioner di Komunitas kajian sunnah masjid muhajirin
Condongcatur.
Pengambilan variabel dalam penelitian ini menggunakan 2 teknik. Teknik
pertama adalah memecah faktor yang terdapat pada teori. Teknik kedua adalah
mengambil variabel dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini.
Keseluruhan teknik pengambilan variabel ini menghasilkan 33 variabel yang
kemudian diuji menggunakan uji instrumen dan terpilih 33 variabel untuk di analisis
menggunakan analisis faktor. Dalam analisis faktor dihilangkan 15 variabel karena
tidak memenuhi syarat MSA dan komunalitas, kemudian terpilihlah 18 variabel.
Hasil dari analisis faktor menunjukkan bahwa dari 18 variabel yang
terekstraksi menjadi 4 faktor baru, dan diberi nama baru (1) faktor pribadi dengan
eigenvalue 8,026, yang terdiri dari beberapa variabel yang meliputi yaitu variabel
peran dan status, variabel gaya hidup, variabel hobi, variabel pekerjaan, variabel
kebutuhan pengaktualisasian diri, dan variabel umur dan tahap daur hidup. (2) faktor
sosial dengan eigenvalue 2,657 yang terdiri atas beberapa variabel yang meliputi
yaitu variabel komunitas, variabel place, variabel harga, dan variabel keluarga. (3)
faktor pemasaran dengan nilai eigenvalue 1,394 yang terdiri atas beberapa variabel
yang meliputi yaitu variabel produk, variabel kemudahan bergaul, variabel kebutuhan
fisiologis, dan variabel kebutuhan sosial. (4) faktor psikologis dengan nilai eigenvalue
1,204 yang terdiri atas beberapa variabel yang meliputi yaitu variabel percaya diri,
variabel persepsi, variabel keyakinan dan sikap, dan variabel perhatian.
Saran dari penelitian ini adalah terdapat 4 faktor yang memengaruhi
keputusan pembelian konsumen Bukalapak, maka perusahaan sebaiknya perlu
memperhatikan faktor-faktor tersebut guna menyusun strategi pemasaran yang sesuai
dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Untuk penelitian berikutnya, sebaiknya
menambah variabel yang lebih banyak, populasi yang lebih luas dan ukuran sampel
yang lebih besar lagi sehingga dapat memperbarui konsep – konsep yang sudah ada.
Kata kunci: Analisis Faktor, Keputusan Pembelian, Bukalapak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor, Keputusan Pembelian, Bukalapak.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 11 Jul 2017 03:39
Last Modified: 28 Nov 2023 02:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12214

Actions (login required)

View Item View Item