MEDIA LITERASI IBU RUMAH TANGGA DALAM MENDIDIK ANAK MENONTON TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif Media Literasi Ibu rumah dalam Mendidik Anak Usia Dini saat menonton Televisi Di wilayah Suren Kulon RT02 Canden Bantul Yogyakarta)

i Mandasari, Imaya Jayant (2017) MEDIA LITERASI IBU RUMAH TANGGA DALAM MENDIDIK ANAK MENONTON TELEVISI (Studi Deskriptif Kualitatif Media Literasi Ibu rumah dalam Mendidik Anak Usia Dini saat menonton Televisi Di wilayah Suren Kulon RT02 Canden Bantul Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tayangan acara televsi tidak lagi mengedepankan fungsinya sebagai sarana informasi, pendidikan dan hiburan namun hanya mementingkan rating dengan menghadirkan tayangan acara yang menampilkan adegan – adegan kekerasan baik secara verbal ataupun non verbal. Anak-anak merupakan audiens yang rentan terkena pengaruh media, karena anak-anak belum dapat menyaring pesan tayangan acara yang baik dan yang buruk. Penelitian ini menaruh perhatian pada literasi media ibu rumah tangga dalam mendidik anak usia dini pada saat menonton televisi, baik pola dalam mendidik, peran ibu rumah tangga, serta pandangan para ibu rumah tangga pada media. Metode dalam penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah metode deskriptif, yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media literasi ibu rumah tangga menjadi pengalaman baru untuk memperbaiki cara pandang ibu terhadap media, dan menjadi salah satu cara mendidik anak dengan melakukan pedampingan anak menonton televisi. Media literasi dapat dilakukan semua anggota keluarga dalam mendidik anak menonton televisi. Kesimpulan yang dihasilkan yaitu, media literasi ibu rumah tangga sebagai pedampingan anak menonton televisi. Pentingnya sosialisasi KPID DIY kepada masyrakat terutama orang tua dalam melakukan pendampingan anak menonton televisi. Sehingga masyarakat dapat cerdas mengelola media dalam mendidik anak usia dini. Kata Kunci: Literasi Media, Pandangan orang tua, Pola cara mendidik anak, Pedampingan orang tua, sosialisasi KPID DIY, Peran Ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jun 2017 03:06
Last Modified: 19 Jun 2017 03:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12155

Actions (login required)

View Item View Item