MASKULINITAS DALAM IKLAN SUSU (Representasi Tubuh Ideal dalam Iklan Susu HiLo Teen versi Kolam Renang di Televisi menurut Analisis Semiotika Roland Barthes)

Rompis, Adeline Sellawaty (2017) MASKULINITAS DALAM IKLAN SUSU (Representasi Tubuh Ideal dalam Iklan Susu HiLo Teen versi Kolam Renang di Televisi menurut Analisis Semiotika Roland Barthes). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 halaman pengesahan.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 abstract.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 daftar isi.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Hampir semua produk yang berkaitan dengan kalsium tulang selalu menggunakan strategi kreatif periklanan dengan menonjolkan penampilan fisik sebagai kekuatan yang tertinggi. Termasuk pada produk susu yang kebanyakan dari iklannya selalu menampilkan tubuh seseorang. Termasuk pada produk susu HiLo Teen versi Kolam Renang di Televisi produksi Nutrifood Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna isi pesan dalam merepresentasikan tubuh ideal dalam iklan susu HiLo Teen versi kolam renang di televisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode interpretative dengan jenis kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, studi pustaka, dan wawancara, serta referensi-referensi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis konsep Semiotika model Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan 4 dari 9 formula yaitu Motivasi Komunikator, Siapa Komunikator, Konteks Fisik dan Sosial, Intersektualitas, dan Intersubektivitas. Hasil penelitian dari iklan susu HiLo Teen versi kolam renang di televisi ialah menginterpretasikan tubuh ideal sebagai sisi maskulinitas yang dilihat dari penampilan tubuh yang tinggi. Temuan penelitian ini adalah adanya pemaknaan yang mencerminkan tubuh ideal sebagai nilai maskulinitas yaitu keaktifan gerak, kegagahan, handsome, sehat, gesit dan kuat. Temuan lain adalah adanya mitos budaya konsumen terhadap susu HiLo Teen. Kata kunci: Iklan Televisi, Maskulinitas, Semiotika Roland Barthes, Iklan Susu HiLo Teen versi Kolam Renang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 15 Jun 2017 03:52
Last Modified: 15 Jun 2017 03:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item View Item