Analisis Pengaruh Penerapan Kemampuan Inovasi (Innovation Capability) Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) Batik Pekalongan (Studi Pada UKM Batik di Kota Pekalongan)

Susanto, Hendri (2017) Analisis Pengaruh Penerapan Kemampuan Inovasi (Innovation Capability) Terhadap Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) Batik Pekalongan (Studi Pada UKM Batik di Kota Pekalongan). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kemampuan inovasi (innovation capability) secara langsung terhadap kinerja UKM. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari inovasi produk (product innovation), inovasi proses (process innovation), inovasi pemasaran (marketing innovation), inovasi organisasional (organizational innovation). Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari kinerja operasional (operational performance), kualitas produk (product quality), kinerja keuangan (financial performance). Pengumpulan data menggunakan kuesioner, pengambilan data dilakukan pada UKM Batik di Kota Pekalongan. Sampel yang digunakan sebanyak 52 responden dan metode penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah SmartPLS (Partial Least Square. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan inovasi berpengaruh positif terhadap kinerja operasional, peningkatan kinerja operasional berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan dan kualitas produk. Dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan. Sedangkan kemampuan inovasi tidak bepengaruh terhadap kualitas produk dan kinerja keuangan pada UKM Batik di Kota Pekalongan. Kata kunci : kemampuan inovasi (innovation capability), kinerja operasional (operational performance), kualitas produk (product quality), kinerja keuangan (financial performance).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 12 Jun 2017 03:50
Last Modified: 12 Jun 2017 03:50
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12094

Actions (login required)

View Item View Item