STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN TEBING BREKSI DESA SAMBIREJO SLEMAN DIY DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN (Studi Deskriptif Strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dalam Mempromosikan Taman Tebing Breksi)

NASUTION, ANISAH RYZQYA (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TAMAN TEBING BREKSI DESA SAMBIREJO SLEMAN DIY DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN (Studi Deskriptif Strategi Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dalam Mempromosikan Taman Tebing Breksi). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Abstrak Kabupaten Sleman merupakan daerah yang memiliki banyak potensi destinasi pariwisata. Banyaknya potensi ini membuat pemerintah perlu melakukan sebuah strategi pariwisata agar tetap menarik perhatian bagi para wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Penelitian ini mengkaji mengenai strategi pemasaran yang dijalankan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dalam mempromosikan Taman Tebing Breksi. Tujuannya adalah mendeskripsikan dan menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Jenis penelitian ini adalah deskiptif kualitatif, data yang digunakan bersumber dari data primer berupa wawancara, arsip Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Desa Sambirejo dan media sosial resmi yang dimiliki Dinas Pariwisata maupun Pokdarwis. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi langsung ke lapangan dan mengumpulkan data-data yang didapat dari Dinas Pariwisata dan Desa Sambirejo yang bersifat offline maupun online. Hasil penelitian menemukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman menerapkan komunikasi pemasaran dengan melakukan strategi berbasis elemen 10P dalam pariwisata yaitu Product, Price, Place, Promotion, People, Partnership, Packaging, Programming, Positioning dan Planning. Sementara itu untuk promosinya menggunakan iklan above the line (televisi, radio dan surat kabar) dan below the line (brosur dan booklet), interactive/internet marketing (instagram, facebook, website), promosi penjualan (pameran, kerjasama dengan agen travel dan word of mouth marketing), public relations (press release dan acara). Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Strategi Promosi, Dinas Pariwisata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 May 2017 07:23
Last Modified: 24 May 2017 07:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12009

Actions (login required)

View Item View Item