STRATEGI CUSTOMER RELATION DI RUMAH SAKIT UMUM PERMATA MEDIKA KOTA KEBUMEN DALAM MENGATASI KELUHAN

WIDYAWATI, YOSSY (2016) STRATEGI CUSTOMER RELATION DI RUMAH SAKIT UMUM PERMATA MEDIKA KOTA KEBUMEN DALAM MENGATASI KELUHAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit merupakan salah satu instansi pelayanan jasa. Dimana kepuasan pelanggan menjadi salah satu hal yang utama. Adanya keluhan tentang lambatnya administrasi pembayaran menjadi awal penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi customer relations Rumah Sakit Umum Permata Medika Kota Kebumen dalam mengatasi keluhan serta mengetahui hambatan dalam proses menjalankan customer relations. Dengan menggunakan dasar pemikiran customer relationship management, di harapkan permasalahan keluhan di Rumah Sakit Umum Permata Medika Kota Kebumen dapat teratasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Permata Medika Kota Kebumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara , observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yaitu dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan dan mengatasi keluhan dengan baik dan sesegera mungkin. Hambatan yang dialami saat proses customer relations adalah kurangnya sumber daya manusia, kurangnya edukasi staf karyawan dan lambatnya pelayanan administrasi. Tidak adanya bagian khusus customer relations membuat customer relations dianggap bukan menjadi kebutuhan dan bagian yang penting di Rumah Sakit Umum Permata Medika Kebumen. Kata Kunci: Strategi, Customer Relations, Keluhan Pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Apr 2017 02:42
Last Modified: 28 Apr 2017 02:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11952

Actions (login required)

View Item View Item