STRATEGI CUSTOMER RELATION DI RUMAH SAKIT UMUM PERMATA MEDIKA KOTA KEBUMEN DALAM MENGATASI KELUHAN

WIDYAWATI, YOSSY (2016) STRATEGI CUSTOMER RELATION DI RUMAH SAKIT UMUM PERMATA MEDIKA KOTA KEBUMEN DALAM MENGATASI KELUHAN. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of cover  1.pdf]
Preview
Text
cover 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI .pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of HALAMAN PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (201kB) | Preview

Abstract

Rumah Sakit merupakan salah satu instansi pelayanan jasa. Dimana kepuasan
pelanggan menjadi salah satu hal yang utama. Adanya keluhan tentang lambatnya
administrasi pembayaran menjadi awal penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana strategi customer relations Rumah Sakit Umum
Permata Medika Kota Kebumen dalam mengatasi keluhan serta mengetahui
hambatan dalam proses menjalankan customer relations. Dengan menggunakan dasar
pemikiran customer relationship management, di harapkan permasalahan keluhan di
Rumah Sakit Umum Permata Medika Kota Kebumen dapat teratasi. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah jenis deskriptif kualitatif. Penelitian ini
dilakukan di Rumah Sakit Umum Permata Medika Kota Kebumen. Teknik
pengumpulan data yang digunakan wawancara , observasi, dan studi pustaka. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan yaitu dengan cara
meningkatkan kualitas pelayanan dan mengatasi keluhan dengan baik dan sesegera
mungkin. Hambatan yang dialami saat proses customer relations adalah kurangnya
sumber daya manusia, kurangnya edukasi staf karyawan dan lambatnya pelayanan
administrasi. Tidak adanya bagian khusus customer relations membuat customer
relations dianggap bukan menjadi kebutuhan dan bagian yang penting di Rumah
Sakit Umum Permata Medika Kebumen.

Kata Kunci: Strategi, Customer Relations, Keluhan Pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 28 Apr 2017 02:42
Last Modified: 28 Apr 2017 02:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11952

Actions (login required)

View Item View Item