i STRATEGI BERSAING PRODUK KPR BTN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT (Studi pada bank BTN Kantor Cabang Pembantu UNS Surakarta )

Kurniyati, Renny (2014) i STRATEGI BERSAING PRODUK KPR BTN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SWOT (Studi pada bank BTN Kantor Cabang Pembantu UNS Surakarta ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.docx] Text
ABSTRAKSI.docx

Download (16kB)

Abstract

Renny Kurniyati, NIM : 152100127 , Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis ,
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional
“Veteran”
Yogyakarta, Judul : Strategi Bersaing Produk KPR BTN Dengan Menggunakan
Pendekatan SWOT (Studi Pada Bank BTN Kantor Cabang Pembantu UNS Surakarta”.
Pembimbing : Dr. Susanta, M.Si dan Sauptika Kancana, M.Si.
Dewasa ini permintaan akan kebutuhan p
erumahan semakin tinggi karena
tingginya pertumbuhan penduduk di Indonesia. Melalui program pemberian kredit
perumahan rakyat, masyarakat semakin diberikan kemudahan untuk dapat mempunyai
rumah dengan cara yang lebih mudah. Bank BTN sebagai bank pionir pro
gram
pemberian kredit perumahan adalah salah satu bank yang cukup besar yang sangat
dikenal masyarakat.
Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan perencanaan strategi bersaing
yang tepat bagi bank BTN KCP UNS serta menentukan prioritas perencanaan stra
tegi
bersaing yang dapat digunakan oleh bank BTN KCP UNS dengan menganalisis faktor
internal dan eksternal. Analisis tersebut dilakukan untuk mengetahui kekuatan,
kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh bank BTN KCP UNS. Analisis faktor
internal
dan eksternal juga digunakan untuk mengetahui posisi bank BTN KCP UNS saat
ini yaitu pada kuadran 1 yaitu pada pertumbuhan yang agresif. Langkah awal dari
penyusunan strategi adalah dengan menentukan faktor internal (IFAS) dan faktor
eksternal (EFAS).
Ke
mudian penyusunan strategi dilakukan dengan menganalisis
faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan menggunakan matriks
SWOT.
Analisis SWOT menghasilkan alternatif strategi pengembangan. Alternatif
tersebut kemudian dianalisis dengan mengguna
kan matriks QSPM
(Quantitive Strategic
Planning Matrix)
untuk mengetahui alternatif strategi yang memiliki skor daya tarik
tertinggi . hasil analisis menggunakan matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi
ekspansi pasar, pengembangan produk, dan penetrasi pa
sar adalah tiga alternatif
strategi terbaik yang mendapatkan tiga skor ketertarikan tertinggi

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 17 May 2016 04:53
Last Modified: 01 Feb 2021 06:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1194

Actions (login required)

View Item View Item