PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP BUDAYA INOVASI DENGAN MEDIASI KONVERSI PENGETAHUAN (Penelitian pada Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta)

SUYATNO, SUYATNO (2017) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP BUDAYA INOVASI DENGAN MEDIASI KONVERSI PENGETAHUAN (Penelitian pada Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan yang bersifat kausal. Bertujuan untuk menguji pengaruh kepemimpinan transformasional (TL) dan budaya organisasi (OC) terhadap budaya inovasi (IC) yang dimediasi oleh konversi pengetahuan (KC) di Kantor Regional I Badan Kepegawaia Negara Yogyakarta. Metodologi - Total populasi adalah 223 orang pegawai yang ada di Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta. Adapun data sampel menerapkan teknik proporsionate random sampling, berjumlah 143 responden. Pengembangan model konseptual dan hipotesis dianalisis dengan menggunakan analisis faktor eksplorasi, selanjutnya untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel dengan teknik analisis jalur PLS. Hasil – Hasil analisis menunjukkan bahwa TL dan OC berkorelasi positif yang signifikan terhadap IC. Selain itu KC memediasi pada pengaruh OC terhadap IC, tetapi peran mediasi KC pada pengaruh TL terhadap IC dikonfirmasi. Kesimpulan - Pertama, budaya inovasi dapat ditingkatkan melalui karakteristik aspek kepemimpinan transformasional. Kedua, budaya inovasi dapat dikembangkan dalam organisasi ketika budaya organisasi mendukungnya. Ketiga, konversi pengetahuan memediasi pengaruh budaya organisasi terhadap budaya inovasi. Penelitian ini secara spesifik menetapkan temuan unsur-unsur dari aspek TL dan OC yang dapat meningkatkan IC. Kata kunci: kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, konversi pengetahuan, budaya inovasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Apr 2017 07:03
Last Modified: 20 Apr 2017 07:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11906

Actions (login required)

View Item View Item