EFFENDI, TEGUH MAULANA (2017) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MUSEUM AFFANDI DALAM RANGKA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG (Studi Deskriptif Pada Yayasan Affandi Dalam Mempromosikan Museum Affandi). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
cover skripsi.pdf Download (348kB) | Preview |
Preview |
Other
HALAMAN PENGESAHAN.PDF Download (166kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (59kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (62kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu Museum yang terkenal di Kota Yogyakarta adalah Museum
Affandi. Museum Affandi merupakan objek wisata seni yang dibangun oleh
seorang maestro seni lukis Indonesia, yaitu Affandi. Sebagai sebuah organisasi
bisnis tentunya harus mampu mempertahankan pengunjung yang ada sebagai
bentuk investasi. Masalah inilah yang kemudian peneliti angkat untuk mengetahui
Strategi Komunikasi Pemasaran yang telah ditetapkan oleh Yayasan Affandi
dalam mempromosikan Museum Affandi, dan untuk mengetahui faktor
pendorong dan penghambat yang dihadapi Yayasan Affandi dalam menjalankan
Strategi Komunikasi Pemasarannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian
deskriptif, yaitu penjabaran data yang ditemukan dilapangan dan kemudian
mengembangkannya menjadi sebuah informasi yang mudah dipahami. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara,
kepustakaan, laman internet, triangulasi data, dan dokumentasi. Berdasarkan
penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan Strategi Komunikasi
Pemasaran yang digunakan oleh Yayasan Affandi yaitu melalui Market research
yang dituangkan ke alat pemasaran yaitu Iklan, Sales Promotion, Marketing
Event. Hanya saja dalam pihak pengelola belum dapat dikatakan maksimal karena
tidak adanya kegiatan rutin dalam mengevaluasi kegiatan komunikasi
pemasarannya. Dengan adanya analisis dari peneliti, diharapkan dapat
memberikan kontribusi kepada pihak Yayasan Affandi dalam melakukan Strategi
Komunikasi Pemasarannya dalam meningkatkan jumlah pengunjung.
Kata kunci : Komunikasi Pemasaran, Museum Affandi, Markting Mix, Promotion Mix.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 17 Apr 2017 03:26 |
Last Modified: | 17 Apr 2017 03:26 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |