PENGARUH WORKLOAD TERHADAP BURNOUT DIMEDIASI OLEH WORK - SCHOOL CONFLICT PADA MAHASISWA MM UPN “VETERAN” YOGYAKARTA YANG BEKERJA

NOTANOEBOEN, FRANSISCUS DARIUS S (2017) PENGARUH WORKLOAD TERHADAP BURNOUT DIMEDIASI OLEH WORK - SCHOOL CONFLICT PADA MAHASISWA MM UPN “VETERAN” YOGYAKARTA YANG BEKERJA. Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1 COVER PROPOSAL-TESIS.pdf]
Preview
Text
1 COVER PROPOSAL-TESIS.pdf

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 8 ABSTRAK TESIS INGGRIS.pdf]
Preview
Text
8 ABSTRAK TESIS INGGRIS.pdf

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 9 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 4 iii.pdf]
Preview
Text
4 iii.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of TESIS-MM-25-FRANSISCUS-DARIUS-NOTANOEBOEN.pdf] Text
TESIS-MM-25-FRANSISCUS-DARIUS-NOTANOEBOEN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Fransiscus Darius: Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta, Maret 2017.
Pengaruh Workload Terhadap Burnout Dimediasi Oleh Work - School Conflict
Pada Mahasiswa MM UPN “Veteran” Yogyakarta Yang Bekerja. Pembimbing I:
Dr. M. Irhas Effendi, M.Si dan Pembimbing II: Dr. Yuni Istanto, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh workload terhadap
burnout dimediasi oleh work-school conflict. Pengambilan data dilakukan pada
bulan November-Desember. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 orang
mahasiswa Magister Manajemen UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 25, 26, 27
dan 28 yang berstatus bekerja dan kuliah. Pengambilan sampel menggunakan
Metode Sensus. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis berdasarkan
Partial Least Square (PLS).
Temuan penelitian ini, yaitu: 1) Workload berpengaruh positif dan
signifikan terhadap burnout; 2) Work-school conflict positif memediasi secara
signifikan pengaruh workload terhadap burnout.
Implikasi terhadap temuan dalam penelitian ini adalah agar mahasiswa
yang bekerja dan kuliah dapat menyeimbangkan antara dua tuntutan peran yang
dilakukan. Menjalin kerjasama yang baik antara rekan sekerja dan atasan di
tempat kerja agar workload yang dialami sedapat mungkin bisa dikendalikan
dalam pekerjaan dan tidak mengganggu tuntutan peran dalam perkuliahan.
Demikian juga halnya ketika tuntutan dalam perkuliahan tinggi, maka sedapat
mungkin bisa dikendalikan dengan cara menjalin hubungan kerjasama yang baik
dikalangan mahasiswa, terutama mahasiswa yang belum atau tidak bekerja,
sehingga tidak menimbulkan tingginya konflik yang terakumulasi dan berdampak
pada tingginya burnout.
Kata kunci: Workload, Work-School Conflict dan Burnout

Fransiscus Darius: Magister of Management Study Program Faculty of
Economics and Business, Pembangunan Nasional “Veteran‘ University of
Yogyakarta in March 2017st. The Effect of Workload toward Burnout as Mediated
by Work-School Conflict on College Student Magister of Management
Pembangunan Nasional “Veteran‘ University of Yogyakarta that Works.
Supervisor I: M. Irhas Effendi and Supervisor II: Yuni Istanto.
This study aimed to analyze the effect of workload toward burnout as
mediated by work - school conflict. Data were collected in November-December.
The sample in this study were 35st students of Magister of Management
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran‘ Yogyakarta force 25st, 26st, 27st and
28st with the status of work and college. Sampling using census method. Data
analysis method used is the analysis based on the Partial Least Square (PLS).
The findings of this study, namely: 1) Workload positive and significant
effect on burnout; 2) Work-school conflict mediate positive and significant effect
on the workload and burnout.
Implications of the findings in this study is that students who work and
study can balance between the demands of the role performed. Establish good
cooperation between colleagues and superiors in the workplace so that the
workload experienced can be controlled as much as possible in the work and does
not interfere with the demands of the role in lectures. Similarly, when the
demands of the high tuition, then as far as possible can be controlled by way of a
relationship of good cooperation among students, especially students who have
not or do not work, so it does not lead to high accumulated conflicts and
contributes to the high burnout.
Keywords: Workload, Work-School Conflict, and Burnout

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Workload, Work-School Conflict dan Burnout
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 03 Apr 2017 01:52
Last Modified: 03 Aug 2022 01:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11659

Actions (login required)

View Item View Item