REPRESENTASI EKSISTENSI PEREMPUAN DALAM NOVEL „CANTIK ITU LUKA‟ KARYA EKA KURNIAWAN (KAJIAN SEMIOTIKA KOMUNIKASI ROLAND BARTHES)

HADI, SYAFIUL (2017) REPRESENTASI EKSISTENSI PEREMPUAN DALAM NOVEL „CANTIK ITU LUKA‟ KARYA EKA KURNIAWAN (KAJIAN SEMIOTIKA KOMUNIKASI ROLAND BARTHES). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 5.-SKRIPSI-SYAFIUL-HADI.pdf] Text
5.-SKRIPSI-SYAFIUL-HADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Novel adalah sebuah sastra sebagai media komunikasi yang mengantarkan pesanpesan dari penagarang kepada pembaca. Pada penelitian ini, bentuk komunikasi dalam teks dianalisis oleh peneliti untuk mencari tahu bagaimana representasi eksistensi perempuan dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. Kepentingan dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan merepresentasikan perempuan yang memiliki wujud eksistensi sejauh bagaimana telah banyak novel yang menggambarkan hal tersebut. Dalam mengkaji novel ini, peneliti menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes dengan metode kualitatif melalui signifikansi dua tahap sebagai alat untuk menganalis objek. Analisis teks yang merupakan cabang dari semiotika teks dalam penelitian ini dipakai oleh penulis dan menemukan representasi eksistensi perempuan dalam novel Cantik Itu Luka. Pertama, bagaimana kesadaran tokoh perempuan sebagai wujud eksistensi. Hal pertama yang dapat mewujudkan eksistensi perempuan adalah dengan perempuan memiliki kesadaran atas posisinya. Kedua, perempuan sebagai subjek yang memilih yang dimaksudkan selama ini perempuan telah menjadi objek dalam dunia patriarki. Eksistensi perempuan menjadikan dirinya sendiri mahluk eksis dan bebas sehingga dapat menentukan arah masa depan perempuan sebagai subjek dari dirinya sendiri. Dalam novel Cantik Itu Luka, eksistensi perempuan direpresentasikan dalam sistem teks, tanda, serta diksi-diksi seperti keberanian, tegas, rasional dan lainnya untuk menunjukkan perempuan sebagai subjek yang memilih atas kesadarannya dan hal tersebut mewujudkan eksistensi perempuan. Kata Kunci : Perempuan, Kesadaran, Eksistensi, Feminisme

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 31 Mar 2017 01:18
Last Modified: 17 Jul 2024 02:56
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11638

Actions (login required)

View Item View Item