ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PEKERJA DENGAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESSMENT TECHNIQUE (SWAT) (Studi Kasus di Event Organizer Mili Production, Yogyakarta)

Salim, Muhyidin (2016) ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL PEKERJA DENGAN METODE SUBJECTIVE WORKLOAD ASSESSMENT TECHNIQUE (SWAT) (Studi Kasus di Event Organizer Mili Production, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER (ADA NOMER TUGAS AKHIR).pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar pengesahan.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Daftar isi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Mili Production merupakan sebuah event organizer yang bergerak dalam bidang jasa. Masalah yang terjadi adalah saat banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan sedangkan tidak banyak waktu yang tersedia. Selain itu pekerjaan yang terus menerus dengan waktu istirahat yang tidak cukup membuat karyawan menjadi bosan dan tidak fokus dalam bekerja. Ini dapat menimbulkan beban mental bagi karyawan. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar beban kerja mental yang diterima oleh karyawan dan memberi usulan perbaikan untuk mengurangi besaran beban kerja mental yang diterima oleh karyawan. Metode yang digunakan untuk mengetahui besaran beban kerja mental yang diterima adalah dengan menggunakan metode Subjective Workload Assessment Technique (SWAT). Metode SWAT merupakan salah satu metode pengukuran beban kerja secara subjektif yang langsung berdasarkan persepsi dari karyawan. Data yang diperlukan adalah data berupa hasil pengurutan 27 kartu kombinasi SWAT yang terdiri dari setiap dimensi waktu (T), usaha (E), stress (S) dan juga data hasil penilaian atau pemberian bobot dari aktivitas kerja yang dilakukan karyawan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa karyawan 1 masuk dalam kategori beban kerja berat (overload), karyawan 2,3,5,7 masuk dalam kategori beban kerja menengah (medium load) dan karyawan 4, 6 masuk dalam kategori beban kerja ringan (lower load). Perhatian terhadap karyawan dan perbaikan fasilitas kerja perlu diperhatikan untuk menunjang produktifitas dari karyawan. Penelitian dapat dikembangkan lebih lanjut dengan menggunakan metode lain sebagai pembanding. Kata kunci: Beban kerja mental, Subjective Workload Assessment Technique, SWAT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 17 Jan 2017 07:27
Last Modified: 17 Jan 2017 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10890

Actions (login required)

View Item View Item