KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN MURID AUTIS DALAM BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA

Fiona Uli Siahaan, Betzy (2016) KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN MURID AUTIS DALAM BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS FAJAR NUGRAHA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (557kB) | Preview

Abstract

Anak autis mempunyai sikap dan karakter yang berbeda-beda. Kerusakan
yang pervasif/menyeluruh membuat sikap dan karakter mereka berbeda antara satu
dengan yang lainnya. Ketidakmampuannya dalam berkomunikasi membuat orang
kesulitan dalam berkomunikasi dengan mereka apalagi dalam hal belajar mengajar.
Diperlukan cara atau metode yang tepat dalam berkomunikasi pada kegiatan belajar
mengajar, tujuan komunikasi interpersonal dalam belajar mengajar pun akan mudah
tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi
interpersonal antara guru dan murid autis dalam belajar mengajar di Sekolah Khusus
Autis Fajar Nugraha Yogyakarta serta mengetahui faktor penunjang dan penghambat
dalam proses kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif dan menggunakan teori Komunikasi Instruksional dan Teori
Communication Competence. Dari hasil penelitian, komunikasi interpersonal guru
dan murid adanya keterbukaan antara guru dengan murid, empati, sikap mendukung,
sikap positif, dan kesetaraaan. Guru dan murid autis mempunyai hubungan yang
akrab dan hangat selayaknya seperti sahabat dan orang tua. Kunci guru
berkomunikasi dengan murid autis adalah membuat mereka nyaman. Komunikasi
interpersonal guru pada murid adalah komunikasi interpersonal yang bersifat
instruksi yang edukatif. guru dalam melakukan intervensi dan instruksi menggunakan
komunikasi verbal dan nonverbal. Dalam kegiatan belajar mengajar serta intervensi,
menggunakan metode Lovaas atau ABA (Applied Behavior Analysis). Dalam
kegiatan belajar mengajar, program pendidikan pada sekolah ini dimodifikasi sesuai
dengan kemampuan murid autis tersebut, oleh karena itu penilaian guru dalam
perkembangan anak didiknya perlu dipantau. Dari proses komunikasi guru dan murid
ada faktor penunjang dan penghambat. Faktor penunjangnya adalah adanya
komunikasi yang berkesinambungan antara guru dengan orang tua dalam pola asuh,
sedangkan faktor penghambatnya adalah fokus murid yang susah dikontrol dan
kemampuan berpikir murid yang terbatas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 10 Jan 2017 05:43
Last Modified: 10 Jan 2017 05:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10735

Actions (login required)

View Item View Item