PENGARUH MEREK TUJUAN WISATA ( DESTINATION BRAND ) TERHADAP KEPUASAN

SEPTIAN PUTRANTO, RISANG (2012) PENGARUH MEREK TUJUAN WISATA ( DESTINATION BRAND ) TERHADAP KEPUASAN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK 1.pdf

Download (56kB)

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu bentuk industri pariwisata yang belakangan ini menjadi tujuan dari sebagian besar masyarakat. Pariwisata memberikan “suguhan” kepada wisatawan berupa keindahan alam seperti air terjun, lembah, sungai, panorama pegunungan, danau, keanekaragaman hayati dan pesona alami lainnya seperti terumbu karang, pantai yang indah dan lain sebagainya. Pertemuan Nasional Pariwisata (1996) mendefinisikan pariwisata sebagai suatu bentuk penyelenggaraan kegiatan wisata yang bertanggung jawab ditempattempat/ daerah-daerah alami dan atau tempat-tempat/daerah-daerah yang dibuat berdasarkan kaidah alam yang mendukung upaya-upaya pelestarian/penyelamatan lingkungan (alam dan kebudayaannya) dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Berdasarkan definisi tersebut maka keberhasilan pembangunan pariwisata dapat dilihat dari kemampuannya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui ada pengaruh citra merek, kesadaran merek dan persepsi kualitas secara serempak terhadap kepuasan . (2). Untuk mengetahui ada pengaruh citra merek, kesadaran merek dan persepsi kualitas secara parsial terhadap kepuasan. Penelitian dilakukan di daerah Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan pada bulan desember. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknk purposive sampling. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah wisatawan yang berada di 3 lokasi terpilih yaitu , Bandara Adisucipto, Statsiun Tugu dan Candi Prambanan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis SWOT yang dilakukan oleh penelitian terdahulu yaitu (Huh, 2006) mengatakan bahwa kesadaran merek signifikan terhadap kepuasan wisatawan, dan persepsi kualitas memiliki hubungan yang tidak signifikan terhadap kepuasan wisatawan. Sedangkan dalam penelitian ini dengan menggunakan Analisis Regresi Linear berganda meunjukkan bahwa persepsi kualitas sangat berpengaruh terhadap kepuasan wisatawan. Terwujudnya Yogyakarta sebagai tujuan wisata perlu adanya usaha dari pemerintah untuk meningkatkan dan mengoptimalkan serta pemanfaatan potensi pariwisata agar dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan pengembangan wilayah dengan tetap memperhatikan konsep pelestarian. Kata Kunci : Merek, Destination Brand, Pariwisata, Analisis regresi linear berganda

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T201 Patents. Trademarks
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 08:26
Last Modified: 16 Dec 2016 08:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item