ANALISIS STRATEGI MARKETING COMMUNICATION DALAM RANGKA POSITIONING RADIO 89,5 JIZ FM

Dea Ciptaningrum, Anindhita (2013) ANALISIS STRATEGI MARKETING COMMUNICATION DALAM RANGKA POSITIONING RADIO 89,5 JIZ FM. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi marketing communication radio 89,5 JIZ
Fm. Hal ini didasari oleh bagaimana sebuah stasiun mengembangkan strategi marketing
communication dalam menghadapi persaingan antar stasiun radio. Radio 89,5 JIZ Fm
merupakan radio dengan target pendengar yaitu anak muda di Yogyakarta. Sebuah radio yang
memiliki banyak pesaing membutuhkan strategi marketing communication yang efektif.
Radio 89,5 JIZ Fm sebagai radio baru di Yogyakarta menggunakan strategi marketing
communication untuk memperkuat positioning sebagai radio anak muda. Hal ini yang
membuat peneliti menganalisis mengenai strategi marketing communication dalam rangka
positioning. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah teori produksi
pesan dengan menjelaskan mengenai konsep bauran pemasaran dan bauran promosi yang
dilakukan oleh radio 89,5 JIZ Fm. Jenis penelitian yang digunakan untuk mengetahui strategi
marketing communication radio 89,5 JIZ Fm dalam rangka positioning adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi
dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, radio 89,5 JIZ Fm menggunakan bauran
promosi, yaitu promosi penjualan melalui program promosi, teknik penjualan tatap muka
melalui sales call, periklanan melalui surat kabar, online serta media luar ruang, pemasaran
langsung dengan telemarketing dan publisitas dan public relations melalui event-event yang
diselenggarakan oleh radio 89,5 JIZ Fm seperti Jagoankustik,Majiz Show with Damien
Magic Academy, meet & greet with Armada, dan lain-lain. Strategi marketing communication
yang dilakukan oleh radio 89,5 JIZ Fm dalam rangka positioning sebagai radio yang fun,
young and local dikatakan berhasil. Hal tersebut dapat dibuktikan dari survey AC Nielsen
2012 bahwa radio 89,5 JIZ Fm menduduki peringkat ke-5 di Yogyakarta untuk segmen anak
muda dan menduduki peringkat tiga besar dalam jogjastreamers.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 06 Dec 2016 03:14
Last Modified: 06 Dec 2016 03:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9821

Actions (login required)

View Item View Item