SILVIANI, ARBIAN (2013) PELANGGARAN ETIKA DALAM IKLAN (STUDI DESKRIPTIF IKLAN PENGOBATAN ALTERNATIF PADA SKH MERAPI DAN SKH METEOR PERIODE MEI-JUNI 2013). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
a.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Iklan yang dimuat di surat kabar diharapkan tidak melanggar etika periklanan, agar
tidak merugikan pihak lain. Namun kenyataannya, banyak iklan yang dimuat di SKH
Meteor dan SKH Merapi seperti halnya iklan pengobatan alternatif tidak
mengindahkan etika perikalanan dan melanggar etika periklanan Indonesia. Tujuan
penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pelanggaran etika dalam iklan pengobatan
di “SKH Meteor”dan “SKH Merapi” selama dua bulan periode Mei Juni 2013; (2)untuk mengetahui pelanggaran etika iklan pengobatan ditinjau dari isi iklan, ragam
iklan, pemeran iklan, wahana iklan dan pengiklan. Jenis penelitian adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Objek iklan adalah iklan baris dan iklan kolom. Teknik
pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara dengan nara sumber
ketua PPPI Yogyakarta, pimpinan Koran Merapi, pimpinan Harian Meteor, dan
kreatif direktur Existcomm. Trianggulasi data menggunakan trianggulasi sumber data
dan trianggulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif
meliputi reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa iklan pengobatan alternatif yang dimuat di SKH Merapi dan
SKH Meteor memiliki kecenderungan melanggar etika periklanan. Pelanggaran etika
periklanan yang banyak dilakukan atau terjadi secara berurutan adalah: (1) Isi iklan,
yaitu semua iklan menggunakan kata-kata “100%”, “nomor satu”, “ter”,
“gratis”,”garansi”, “uang kembali”; (2)Ragam iklan, yaitu sebagain besar iklan
seringkali tidak mencantumkan izin dari instansi atau lembaga yang berwenang; (3)Pemeran iklan, yaitu hampir separoh iklan terutama iklan kolom memamerkan
gambar wanita seksi; (4) Wahana iklan, yaitu beberapa iklan menggunakan ukuran
dan bentuk huruf yang kurang jelas; (5)Pengiklan, yaitu ada sebagian kecil iklan yang
tidak mencantumkan informasi tentang identitas pengiklan.
Kata kunci: iklan, pengobatan alternatif, etika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 04:24 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 04:24 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |