STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR CANTIK EDUCATION YOGYAKARTA DALAM RANGKA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA

Devi Septinasari, Yashinta (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR CANTIK EDUCATION YOGYAKARTA DALAM RANGKA MENINGKATKAN JUMLAH SISWA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of a.pdf]
Preview
Text
a.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Komunikasi pemasaran adalah hal mutlak bagi sebuah organisasi bisnis
dalam menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen, calon konsumen dan
masyarakat. Komunikasi pemasaran ini merupakan sebuah bentuk strategi
pemasaran jika dirancang dan dilakukan secara integratif mulai dari perencanaan,
pelaksanaan hingga evaluasi. Persaingan bisnis yang semakin ketat pada bisnis
bimbingan belajar, mendorong Bimbingan Belajar Cantik Education Yogyakarta
untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran secara tepat dalam rangka
meningkatkan jumlah siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan
menganalisis strategi komunikasi pemasaran Bimbingan Belajar Cantik Education
dalam meningkatkan jumlah siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data terdiri
dari hasil wawancara, observasi dan studi pustaka. Validitas penelitian dilakukan
dengan metode triangulasi sumber yang membandingkan data hasil pengamatan
berdasarkan sumber-sumber data. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Bimbingan Belajar Cantik
Education dalam meningkatkan jumlah siswa menggunakan strategi Komunikasi
Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication), dengan menerapkan
lima instrumen bauran promosi, yaitu periklanan, promosi penjualan,pemasaran
langsung, penjualan personal dan publisitas. Dalam penelitian ini strategi yang
paling tepat dalam meningkatkan jumlah siswa adalah instrumen periklanan dan
promosi penjualan. Secara keseluruhan instrumen bauran promosi dirancang
sebagai strategi terpadu dalam mendukung tujuan-tujuan Cantik Education,
sebagai lembaga bimbingan belajar yang murah tapi berkualitas. Terobosan
penting dalam strategi ini yang sangat kuat mendukung pemasaran Cantik
Education adalah strategi harga yang terjangkau dan promosi melalui pemberian
les Bahasa Inggris gratis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 01 Dec 2016 03:46
Last Modified: 01 Dec 2016 03:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9679

Actions (login required)

View Item View Item