Wibawa, Ade (2013) NATION-BRANDINGKOREA SELATAN MELALUI KOREAN POPULAR CULTUREDI INDONESIA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
3 Abstract.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Korean Popular CulturemerupakanbagiandariKorean wave yang digunakan Korea Selatan sebagaialatmempopulerkannation-brandingnya. MelaluiimplementasiefektifdariKorean Popular Culture (musik, drama, film).Korea Selatan munculsebagaisebuahnegara yang cukupterpandangmenjadiperhatiandunia.Nation-branding yang diciptakan, direncanakandandiimplentasikanoleh Korea Selatan melaluilembagalembagapemerintahan yang terkaitmampumemberikankekuatandandukunganbaiksecarahukummaupunfinansialter hadappenyebaranKorean Popular Culture.Lembaga-lembaga yang mendukungdalamimplementasination-brandingdalamKorean Popular Cultureantara lain: Presidential Council on Nation Branding, Korean Creative Content Agency (KOCCA) danKorean Film Council (KOFIC). Implementasination-branding yang dilakukan Korea Selatan melaluiKorean Popular Culturedanprodukbrand Korea Selatan mampumenempatkan Korea menjadiperhatiandunia. Hal tersebutmemilikidampakbagikeduabelahpihak, baikbagi Korea Selatan maupunnegarapenerima. Indonesia sebagaisalahsatunegarapengkonsumsiprodukKorean Popular Culturedanprodukbrand Korea mengalamidinamikafenomenasosial (perubahan ide, nilai, dantingkatkonsumsi) danperubahandinamikahubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. Dampakdaridinamikafenomenanation-branding Korean Popular Culture yang terjadi di Indonesia secaraumumada lima, antara lain: Image buildingterhadapKorean Popular Culture (perspektifcantik, menarik, rupawandanbudaya Korea Selatan), Ide yang munculdariKorean Popular Culture (munculnyakreatifitasdalammusik, film, meningkatnyakonserartisdanKorean Festival Korea Selatan di Indonesia), Trendsetter fashion Korean Popular Culture, ketertarikanterhadapbahasadanbudaya Korea Selatan danmeningkatnyatingkatkonsumsiterhadapprodukelektronikbrand Korea Selatan. Strategination-branding Korea Selatan melaluiKorean Popular Culturememberikandampak yang berpengaruhbagisektorperdagangan, pariwisata, yang secaraumummeningkatkanperekonomian Korea Selatan.Selainitunationbranding Korea Selatan melalui Korean Popular Culture memberikandampak yang signifikanbagi Indonesia. Hal ituterbuktidenganadanyadinamikasosial yang terjadi di Indonesia seperti: munculnyaimage buildingterhadap Korea, ide yang munculdariKorean Popular Culturedanmeningkatnyakonsumsiproduk Korea Selatan di Indonesia. Kata kunci: Nation-branding, Korean Popular Culture, Presidential Council on Nation Branding, Korean Creative Content Agency (KOCCA),Korean Film Council (KOFIC), Korean Festival, Trendsetter Fashion, Image building.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 01:12 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 01:12 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9489 |
Actions (login required)
View Item |