Evaluasi Kegiatan marketing cummunicationPT.Petrokimia Sales Supervisor dalam memeberikan kontribusi pada Ekuitas merk

Dwi Mardiyanti, Kartika (2013) Evaluasi Kegiatan marketing cummunicationPT.Petrokimia Sales Supervisor dalam memeberikan kontribusi pada Ekuitas merk. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK pdf.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK pdf.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Menghadapi kondisi pasar pada tahun 2013 dalam sektor perekonomian
global maupun pengembangan di bidang sektor pertanian, PT. Petrokimia Gresik
berusaha menjadi market leader diantara kompetitornya. Persaingan bisnis yang
terjadi ini mendorong PT.Petrokimia Gresik untuk melakukan kegiatan marketing
communication yang dapat mempertahankan dan mengembangkan perusahaan.
Kegiatan marketing communication yang dilakukan oleh PT.Petrokimia Gresik
melalui sales supervisor yakni memonitoring, mengawasi penyaluran pupuk,
sosialisasi pupuk dan melakukan beberapa evaluasi pada program kerja,
dibutuhkan skill komunikasi yang baik. Penelitian ini, menggunakan metode
kualitatif yang dilengkapi dengan pengolahan data secara deskriptif dan
menggunakan analisa data secara eksploratif. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengevaluasi kegiatan marketing communication yang dilakukan PT.
Petrokimia Gresik yang melalui sales supervisor (SS) dalam memberikan
kontribusi pada ekuitas merek, dan mengetahui fungsi dari kegiatan sales
supervisor (SS) PT. Petrokimia Gresik. Uji validitas yang digunakan adalah
menggunakan triangulasi data, yakni dengan melakukan beberapa wawancara
kepada Kepala Departemen, Kepala Bagian, dan beberapa karyawan sebagai sales
supervisor. Teori yang digunakan adalah teori interaksi sosial yakni meliputi
perbandingan sosial dan pertukaran sosial, dimana dengan berinteraksi antara
konsumen dapat mempengaruhi perilaku untuk menggunakan pupuk Petrokimia
Gresik sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Evaluasi yang telah
dilakukan dapat dikatakan berhasil karena informasi pesan dari sales supervisor
dapat tersampaikan secara akurat dan menimbulkan hubungan yang baik dengan
konsumen atau dinas-dinas terkait. Kegiatan marketing communication yang telah
dijalankan dan dipadukan antara marketing mix dengan promotion mix yang saling
terintegrasi serta evaluasi yang telah dilakukan, menimbulkan loyalitas terhadap
merek “Kebo Mas”. Konsumen yang tidak asing terhadap merek, dan semakin
banyak yang menggunakan pupuk dari Petrokimia Gresik, memudahkan
Petrokimia dalam membentuk ekuitas merek.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Nov 2016 03:01
Last Modified: 25 Nov 2016 03:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9402

Actions (login required)

View Item View Item