Ayu Putri, Prameswari (2012) “GAYA” dan “TIP & TRIK” PADA MAJALAH CITA CINTA TERHADAP GAYA BERPAKAIAN PEREMPUAN di Kabupaten Sleman. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Adanya majalah fashion, mengarahkan fashion mode dilihat secara simultan oleh
semua tingkatan masyarakat dan juga akan terus diadopsi. Fashion dan kecantikan
mendorong gadis-gadis untuk melihat penggunaan busana dan kosmetik sebagai
esensial dari menjadi feminim, penampilan fisik juga memiliki arti penting bagi
seorang perempuan. Seperti halnya majalah Cita Cinta pada Rubrik “Gaya” dan
“Tip&trik” yang selalu mengupdate setiap mode yang ada pada tiap bulannya.
Sebagai pembaca majalah tersebut, perempuan diharapkan mengikuti dan
mengaplikasikan mode tersebut dalam gaya berpakaiannya. Dengan mengamati
majalah tersebut dan lingkungan sekitarnya, seorang perempuan dapat
memutuskan apakah mode tersebut akan diaplikasikannya dalam gaya berpakaian
sehari-hari atau tidak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah
pengaruh terpaan rubrik “Gaya” dan “Tip&Trik” pada majalah Cita Cinta
terhadap gaya berpakaian perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teori S-O-R, Teori Peniruan (teori modeling) serta Terpaan media (media
exposure). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode survai.
Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah perempuan yang ada di
kabupaten sleman dengan sampel sebesar 60 orang, sedangkan teknik sampling
yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah
analisis korelasi product moment, regresi linier sederhana, t test (uji t), dan R2
(koefisien determinasi). Hasil linier sederhana menunjukkan bahwa variabel
exposure rubrik “Gaya” dan “Tip&Trik” mempunyai pengaruh yang positif
terhadap gaya berpakaian perempuan karena t signifikan p < o,o5 (0,000 < 0,05),
jadi dapat disimpulkan bahwa variabel Terpaan Rubrik “Gaya” dan “Tip&Trik”
(X) secara signifikan mempengaruhi variabel Gaya berpakaian (Y). koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,281 yang berarti bahwa sekitar 28,1% variasi pada
variabel Gaya berpakaian dapat diterangkan oleh variabel exposure rubrik “Gaya”
dan “Tip&Trik”. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 72,9% dipengaruhi oleh variasi
lain.
Fashion magazine absolutely direct all people in all levels to adopt the fashion
mode in their life. Fashion and loveliness influence woman to learn how to use the
right costume and cosmectic as an essensial to be a completely woman, Feminine.
Appearance of physical is really important thing for a woman. Cita Cinta
magazine, exactly on their rubric calls “ Gaya” and Tips & Trick” always update
about , what a woman needed to a feminine person, in every month. As a woman
who read the magazine, woman be expected to take and apply the role of mode on
her daily style. Being read Cita Cinta and watching her neighbourhood, a
woman will decide is that style will she wear or not in her daily style. The purpose
of this research were to know is there any influence and exposure from Cita Cinta
magazine’s rubric calls “Gaya and “ Tips& Trick” into woman daily style. This
research uses some of theory like S-O-R theory, Modelling theory and Media
Exposure theory. This research uses quantitative with survai method. Women in
Sleman regency were an taken for populationin this research with a sample of 60
people, while Purposive Sampling is a technic that uses in this research. A
product moment correlation, regression simple line, test t ( uji t) and R2 (
determination correlation) are an analyst method that uses in this research .
Result from regression simple line showing that exposure variable on rubric “
Gaya and Tip& Trick have a positive influence for woman fashion mode. It’s
prove by t significant p < o,o5 (0,000 < 0,05), it’s mean that exposure variable on
rubric “Gaya and Tips&Trick (X) are significantly influence fashion mode
variable ( Y). Determination coefficient (R2) is about 0,281 which mean about
28,1% variation on fashion mode variable can be prove by exposure variable on
rubric “ Gaya and Tips&Trick.” At the same time, the leftover about 72,9% were
influence by another variation
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 05:11 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 05:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9337 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |